dari akmal nasery basral, redaktur tempo, saya kutip dari milis
apresiasi sastra (kapan nih wm kopdar sambil bikin acara nonton dan
diskusi film ?

ini tanggapan akmal ketika mbak rita achdris redaktur gatra mengundang
temna teman untuk membandingkan film crash dengan brokeback mountain.

film crash nampaknya membawa isu keluarga, sebagaimana yg diusung oleh
kaum amerika konservatif yang sedang naik daun.  di saat yg sama
inilah wajah msyrakat amerika di bawah bush administration.

ini sekaligus masukan juga untuk mas wida kusuma dan mas MQ - pro mas
mq, kalo dia pandai membaca dan mengikuti alur diskusi (saran,
sebaiknya mq memakai akun dari gmail supaya thread yg bersambung bisa
dibaca secara utuh, tidak sepotong sepotong, kasian soalnya diskusinya
sering meleset).

salam,
Ari Condro

---

tentang crash dan brokeback mountain, dua-duanya film bagus, baik dari
isi maupun estetika film. kemenangan crash saya kira hanya berkaitan
dengan selera juri dan sentimen publik secara umum di amerika. jangan
lupa, saat ini pengaruh republiken setelah kemenangan kedua george
bush yang lebih telak atas john kerry dibandingkan kemenangan periode
pertamanya yang harus diputuskan oleh pengadilan florida, membuktikan
isu-isu sensitif seperti gay/lesbianism yang diusung kubu demokrat dan
dicoba untuk digolkan dalam undang-undang, malah mendapat respon
antipati yang menenggelamkan popularitas kerry, terutama dari kawasan
sabuk alkitab (bible belt) di kawasan midwest. dan dari kawasan
seperti texas, mississippi, alabama, dll inilah bush mendulang suara
terbanyak.

perlu dicermati juga pengaruh tokoh kanan-tengah seperti karl rove
yang menjadi sentral penggalangan kekuatan evangelis dan strateginya
untuk mengusung isu-isu tradisional seperti konsep keluarga, lebih
tercermin dalam crash ketimbang brokeback mountain. jika brokeback
menggambarkan kehancuran dua keluarga ketika dua kepala keluarga yang
pernah bertualang seksual di masa silam terus melanjutkan kisah kasih
mereka, maka crash mempertontonkan bagaimana seorang tukang kunci
berdarah hispanik yang berasal dari strata terbawah di masyarakat,
menyempatkan diri untuk mendongeng bagi putrinya sebelum tidur, dan
bahkan memberikan kalung imajiner yang disebutnya bisa melindungi
keamanan sang putri. (di bagian belakang film, akan ada sebuah adegan
yang luar biasa menyentuh berkaitan dengan kalung imajiner itu, yang
menggambarkan kasih seorang anak kepada ayahnya yang sedang dalam bahaya).

lain dari itu, crash dengan isu heterogenitas dan pluralitas warga,
menjadikan amrik lebih terlihat sebagai "salad bowl" (bukan lagi
"melting pot") yang sempurna. simaklah bagaimana amrik melihat
bagaimana hubungan antar kaum minoritas (lewat insiden tukang kunci
keturunan hispanik dan pemilik rumah asal persia, yang selalu
disamakan dengan arab oleh masyarakat/diwakili penjual senjata).

ini bukan review film, tapi hanya telah agenda setting yang sudah saya
perkirakan sebelum pengumuman oscar. dan benar, ang lee "hanya" menang
sebagai best director, tapi gagal membawa brokeback menjadi film terbaik.

sekiranya ang lee mengusung tema yang selaras dengan crash, dengan
kualitas gambar dan penafsiran seperti dalam brokeback, saya kira ang
lee akan kembali berhasil menjadikan filmnya sebagai film terbaik.

dari brokeback, tafsir pribadi ang lee yang sangat terasa bagi saya
adalah ketika istri ennis del mar (heath ledger) melihat langsung
suaminya berciuman dengan lelaki lain, kekasihnya dari periode
brokeback (jack gyllenhaal). sang istri hanya bisa "prihatin" (seperti
tipikal istri di timur, dan cina khususnya), dan tidak "meledak-ledak"
mengungkapkan kemarahan layaknya tipikal istri di amerika, yang
biasanya sangat vokal dalam mengartikulasikan ketidaksenangan mereka
terhadap satu hal.

salam,

~a~

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ary Setijadi Prihatmanto"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> CRASH bagi saya lebih mengena sebagai potret kompleks yang dalam ttg
keseharian species yang namanya manusia.
> Plot film itu kan sebetulnya sederhana, hanya me"motret" perjalanan
hidup beberapa orang selama satu hari semalam.
> Hanya semua tokoh ternyata berlintasan dalam satu hari itu dalam
jalinan cerita yang "nggak biasa", menarik.
> Tidak ada rentetan ideologi yang sengaja ditaruh dalam film itu
selain sekedar potret.
> Tidak ada yang baik pasti menang, yang jahat pasti kalah.
>
> Tapi dari situ kita bisa melihat begitu banyak hal yang perlu
direnungkan.

> Misalnya ttg makna kehidupan, kebaikan, kebenaran:
> - dari potret nasib seorang anak "baik-baik" yang kemana-mana
membawa patung keberuntungan maria, yang malahan akhirnya mati
tertembak dibandingkan temannya yang lebih berangasan yang selamat...
> - ttg anggota gang gang yang begitu berangasan tapi ternyata punya
hati nurani ketika secara kebetulan "maling" kendaraan yang penuh
berisi sekelompok budak asia, ketika orang asia sendiri
mengeksploitasi budak-budak itu.
> - ttg polisi kulit hitam yang "malu" dengan kulit hitamnya.
Bagaimana keluarga (ibunya) memandangnya dibandingkan adiknya yang
biasa-biasa saja.
> - dari potret seorang polisi "jahat" yang menjadi predator di
jalan-jalan, tapi ternyata juga menjadi victim dari keadaan ketika
harus berhadapan dengan urusan asuransi Bapaknya.
> - potret seorang polisi "baik" yang menolak segala sikap korup dari
rekannya tapi tidak mampu menghindari untuk punya "skeleton in the
closet".
> - ttg makna relasi antara suami-istri, kebersamaan dan kebanggaan
vs. survival, pragmatisme dalam kasus pelecehan seksual pasangan
Holywood terhormat oleh polisi "jahat".
> - ttg kemanusiaan, ketika polisi yang melecehkan itu di akhir hari,
dengan tulus menolong wanita yang dilecehkan.

> Banyak situasi dalam CRASH itu jamak terjadi dimana saja termasuk di
Indonesia.
> Jalan kehidupan manusia itu memang misterius, spt sudah diatur dan
dipilihkan,
> "Tidak ada kekuatan dan daya upaya selain dari Allah"
>
> Salam
> Ary

Service.