Pak Irwan mah tahu aja konsep meledos teu karasa;)

Pak Wida, Konsep dosa dalam arti benar dan salah jelas sesuatu yang
mutlak adanya, hanya saja harus ada re-konstruksi terhadap pemahaman
dosa yang selama ini kita pahami.

Yang saya tahu (CMIII) konsep dosa masih dipahami dengan pembalasan
(hukuman&pahala). Dan biasanya ini dikaitkan dengan adanya pembalasan
berupa surga dan neraka.

Melihat kondisi saat ini, sepertinya konsep tersebut sudah tidak
memadai lagi, apalagi konsep pembalasan surga dan neraka hanya membuat
orang berlomba-lomba dalam mencapai kesolehan pribadi yang kadang
tidak ada effeknya terhadap kesolehan sosial.

Seharusnya konsep dosa bisa jadi diperbaharui menjadi konsep manfaat,
sesuatu yang baik adalah sesuatu yang bermanfaat dan sesuatu juga
sebaliknya.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Maksud saya, konsep dosa itu tetap ada mbak Kilat. Tetapi dalam
menghadapi  suatu masalah tidak bisa hanya dengan mengatakan ini suatu
dosa lalu tanpa  berusaha melihat permasalahan lain yang terkait
dengan perbuatan itu.

> [...]
>
> mungkin lebih baik jika kita saling nasehat-menasehati dengan landasan
> logika yang realitis. dulu kalau anak kecil enggak mau makan suka di
> takut-takutin pak Satpam atau ada polisi, sekarang mah udah enggak
> zaman, anak kecil lebih  bisa kerja sama jika diberikan alasan yang
> logis dan masuk akal seperti kalau tidak makan bisa sakit dan kalau
> sakit harus minum obat sedangkan obat terasa pahit:)
>
> Dan kalau tidak salah Rasul dan para sahabatnya lebih banyak berdakwah
> melalui sikap teladan. Kayaknya dakwah melalui sikap teladan lebih
> memberikan "pencerahan" tapi ini baru kayaknya..

Ilmu