-----Original Message-----
From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] Behalf Of jano ko
Sent: Wednesday, April 05, 2006 1:40 PM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: Pro Mas Agussyafii, Re: [wanita-muslimah] Ada yang bisa
bantu? Tentang Poligami

Nylonong sebentar saja,

  Kalau menurut saya yang namanya Dien Islam itu ya pasti "Pokoknya", yang
engga suka "pkoknya" itu kan grup " Bingung ", suka neko-neko .....ingin
merubah kitab suci jadi kitab primbon.

  wassalam

[EMAIL PROTECTED] wrote:
  Setuju mas Ary. Pada prinsipnya bukan pokoknya. Tetapi tentu ada
sebab-sebab yang mengganggu kemaslahatan masyarakat jika dilaksanakan.
Jika ternyata untuk kebaikan masyarakat, maka monggo. Oleh karenanya saya
mencari sebab-sebab sosial dan bagaimana gambaran sosialnya dari sebuah
masyarakat yang melaksanakan Poliandri dengan sukses. Setelah itu, apakah
masyarakat kita ingin seperti masyarakat itu juga. Jika ada kemungkinan
bahwa Poliandri pada kasus tertentu membawa kemaslahatan dan kebaikan bagi
masyarakat, maka bersiap-siaplah kita kaum laki-laki untuk merelakan
perasaan kita bagi kemaslahatan masyarakat itu. Yang penting juga kan
bagaimana pengaturannya agar pengorbanan perasaan itu tidak terlalu
terasa. Bukankah begitu mas Ary?

Salam,

"Ary Setijadi Prihatmanto" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
04/05/2006 01:11 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

<wanita-muslimah@yahoogroups.com>
cc

Subject
Re: Pro Mas Agussyafii, Re: [wanita-muslimah] Ada yang bisa bantu? Tentang
Poligami

Bang Wida,

Ini saya exercise ya...bukan berarti poliandri boleh-boleh saja.

Pada jaman itu memang nggak mungkin untuk membedakan,
tapi jaman sekarang dengan kemajuan teknologi DNA,  susunya bisa dikenali.
:-))

Sebagai gambaran saja bahwa hal itu memperlihatkan Rasulullah yang juga
kontekstual dalam hal ini.
Artinya Rasulullah saja nggak pernah bilang "pokoknya" nggak boleh.Tapi
memperlihatkan argumentasi itu penting.

Boleh-tidaknya Poliandri (di Indonesia) mungkin bisa dicari argumentasinya
dengan mengkaitkannya dengan kemaslahatan dan kemudaratan perkembangan
sosial masyarakat aktual, bukan dengan "pokoknya".

Salam
Ary