Mbak Aisha, kalau setiap melahirkan melalui caesar memang sebaiknya
tidak hamil lagi setelah tiga kali. Risiko rahim akan sobek pada bekas
jahitan akan sangat besar. Biasanya hal ini dikomunikasikan oleh
dokter kepada suami isteri. Bukan hanya isterinya saja. Menjadi
pertanyaan mengapa hal iti tidak dikomunikasikan oleh dokternya ya?
Yang kedua: kalau mau pakai teori yang baik, sehabis digugurkan janin
diperiksa secara patologi anatomik. Karena kehamilan enam minggu kan
bentuknya belum jelas benar. Jadi perlu diperiksa apakah benar ada
janin atau tidak, apakah ada kemungkinan menjadi mola atau tidak. Dari
"preparat" jaringan yang diperiksa tersebut dapat juga untuk dideteksi
DNA-nya. Tapi inipun agaknya tidak dilakukan. Mungkin langsung dibuang
begitu saja. Kalau benar begitu, maka rasanya indikasi medik untuk
menggugurkan tidak ada. Yang ada hanyalah aborsi atas permintaan.
Adapun apa alasannya, itu Nia yang tahu. Kepada dokternya bisa saja ia
tidak menjelaskan secara terus terang mengapa ingin diaborsi.
Wah pokoknya akan ramai dan menarik kalau benar-benar diajukan ke
pengadilan.
KM

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Aisha" <[EMAIL PROTECTED]>