From: "jano ko" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Monday, April 24, 2006 8:14 PM
Subject: RE: [wanita-muslimah] Re: Islam Liberal tak lebih dari sekedar
Imajinasi - Submission - Pendapat Orang Pinter dari Barat terhadap Al
Qur'an - Mahluk

Selamat malam Pak Achmad,

  Jangan marah ya pak,

  Jano ko   balik bertanya, pendapat Jano ko yang mana yang mengatakan
pendapat Pak Achmad tidak berdasarkan Al Qur'an dan Hadis ?

Lho, siapa yang menafsirkan menurut diri saya sendiri ?
  Monggo kita "babar" tafsiran I Liberal menurut insan-insan Liberal
tersebut, jangan-jangan Pak Achmad ini belum pernah dengar atau membaca
definisi "I" Liberal menurut insan-insan itu ?!

  Dibawah ini saya suguhkan pendapat insan lib terhadap gerakannya, monggo
pak dibaca pelan-pelan dan diresapi.

  Mengapa disebut Islam Liberal?

  Nama "Islam liberal" menggambarkan prinsip-prinsip yang kami anut, yaitu
Islam yang menekankan kebebasan pribadi dan pembebasan dari struktur
sosial-politik yang menindas. "Liberal" di sini bermakna dua: kebebasan dan
pembebasan. Kami percaya bahwa Islam selalu dilekati kata sifat, sebab pada
kenyataannya Islam ditafsirkan secara berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan
penafsirnya. Kami memilih satu jenis tafsir, dan dengan demikian satu kata
sifat terhadap Islam, yaitu "liberal".

  Mengembangkan penafsiran Islam yang liberal sesuai dengan prinsip-prinsip
yang kami anut, serta menyebarkannya kepada seluas mungkin khalayak.

  -------------------

  Tuh pak hiya tho......"Kebebasan pribadi" yang jadi acuannya.
  Kebebasan pribadi itu kan nafsu tho pak ?, apa tidak benturan dengan
kepatuhan kepada Allah yang merupakan arti dari "Islam" ?

  -----------------------------

Ary:

Tak ikut nimbrung mas Janoko.
Sekarang, saya sarankan mas Janoko supaya agak sabar dan tenang.
Lalu dibaca lagi definisi mereka itu dengan hati yang bersih dan prasangka
yang baik serta jangan dibaca sepotong-sepotong.

Contohnya cara membaca:
[...]

Jadi bukan cuman "kebebasan pribadi " thok...
lalu mas Janoko gathuk-gathuk kan menjadi "kebebasan pribadi dari kepatuhan
thd Allah".
Lha inikan namanya fitnah...

Kalo mau prasangka baik kan sebetulnya kita bisa membaca kalimat di atas
sebagai hal yang sangat islami.
Karena Islam jelas membebaskan dari hal-hal yang menindas...
Kalo mas Janoko nggak setuju hal ini, berarti nggak islami mas...

Salam
Ary