Sebenarnya tidak sampai ke situ sih. Saya tidak menuduh Marjene bukan
gadis yang baik hanya karena mencintai seni. Kecuali kalau mencintai seni
telanjang hehehe...

Mungkin secara umum saja, pada kasus penyeragaman, terutama kalau
penyeragaman itu untuk kebaikan, tentu ada sebagian anggota masyarakat
yang kurang baik yang terpaksa patuh dan menjadi munafik. Dia terpaksa
melakukan keseragaman itu dibawah paksaan undang-undang. Dan biasanya,
orang-orang seperti ini, kalau keluar dari negerinya maka dia akan
berteriak kebebasan dan mempertontonkan keterkekangannya di negerinya
sendiri. Bahwa dia menderita di negerinya karena kebebasannya itu
terhalang. Apalagi kalau kekangan itu atas nama ideologi tertentu yang
tidak dianutnya. Dan kisah-kisah wanita Arab yang bersegera membuka
jilbabnya di luar Arab terlalu sering diangkat untuk menjelaskan fenomena
ini. Padahal masih banyak sekali, atau bahkan mayoritas, wanita Arab yang
masih berpakaian rapi dan berjilbab sekalipun di Amerika.

Kasusnya tidak harus jilbab Iran ya... dan saya tidak menunjuk kepada
Marjene. Atas suatu perundang-undangan suatu bangsa, pasti ada sekelompok
kecil masyarakat yang menentang karena kebutuhan mereka, kepentingan
mereka, kesenangan mereka, kebebasan mereka, menjadi terhalang. Dalam hal
ini pengambil keputusan harus melihat kemaslahatan yang lebih besar,
sekalipun terpaksa mengorbankan sekelompok kecil masyarakat itu. Yang
mungkin akan membuat lagi kisah-kisah ala Marjene itu.

Maaf ya jika kurang berkenan...

Salam,