Assalamu'alaikum,

Mas Yas,

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "yasuaki_kurata05"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Suryawan,
>
> Kalau tidak keberatan tolong dijelaskan dua hal ini :
>
> 1. Apakah dalam agama lain (terutama Kristen) tidak ada asas
> kebebasan berkeyakinan ? Ada rujukannya ?

Sepengetahuan saya memang tidak ada pernyataan kebebasan berkeyakinan
dalam agama lain bagi setiap manusia seperti yang dinyatakan dalam
Qur'an.

Maksud saya, dalam hal al-Qur'an sebagai otoritas tertinggi yang
diyakini merupakan kalam Tuhan, telah membuat pernyataan universal
bahwa kebebasan berkeyakinan adalah sepenuhnya pilihan manusia.
Pernyataan tegas seperti ini tidak ditemukan dalam holy scriptures
agama-agama lain.

> 2. Apakah memang ada  orang tertentu yang tidak dikehendaki Tuhan
> untuk beriman kepadaNya ?  Bagaimana penjelasannya Mas ?

Saya rasa sudah cukup jelas dengan melihat kutipan terjemahan ayat-
ayat Qur'an yg telah saya sampaikan, bahwa keimanan/keyakinan adalah
sebuah pilihan, dan pilihan itu sendiri adalah hak dasar manusia yang
tidak bisa diatur/dihakimi oleh manusia lainnya, sebab yang berhak
menghakimi hanya Allah Ta'ala. Inilah sejatinya ajaran Islam mengenai
masalah keimanan/keyakinan. "Hidayah itu datangnya dari Allah!" -
demikian yang sering diucapkan oleh orang Islam.

Manusia mau beriman atau tidak, tidak berpengaruh pada One True God.
Namun sebaliknya, menurut ajaran Islam, manusialah yang butuh Tuhan,
bukan sebaliknya. Kalau manusia sudah tidak lagi butuh Tuhan, maka
dirinya sendiri yang merasa jadi tuhan, sehingga kemudian ia
bertindak seolah-olah dirinya adalah tuhan yang dibuktikannya dengan
menghakimi/mempersekusi keimanan orang lain.

Itulah sebabnya Qur'an mengajarkan asas universal mengenai kebebasan
berkeyakinan, dan konsekwensi atas pilihan keyakinan diserahkan pada
Allah saja, supaya manusia bisa menghargai manusia lainnya dan hidup
berdampingan dengan manusia lainnya, apa pun agamanya - sehingga cita-
cita manusia untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis, teratur dan
berperikemanusiaan bisa tercapai.

Salam,
M. A. Suryawan

> Terimakasih