  From: Mia
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Sunday, July 09, 2006 11:45 AM
  Subject: [wanita-muslimah] Re: obrolan yesus, mbak Ida & me

  Sungguh dialog yang cerdas dan mencerahkan. I cannot do it any
  better.  Dialog kayak gini kudu diikutin, jangan peduliin
  berantemannya HMNA dan Sato..:-(

  Dalam memandang peristiwa-peristiwa alam dan dunia, kita bisa pesimis
  dan bisa optimis. Ini semua alamiah saja, emang itu dah bawaan kita
  kok.

  Teologi Kristen, seperti yang di-implikasikan Pak Yas - warnanya
  lebih pesimis. Kekejaman dunia kadang sungguh nggak bisa dimengerti,
  sehingga kita mengharapkan the only avatar, Ratu Adil yang
  menyelamatkan kita.

  Untuk kelompok pesimis kayak gini, concern dengan sesama pengemis
  menjadi ukhuwahnya. Lihat kalimat Pak Yas yang lebih concern dengan
  sesama pengemis, bukan avatarnya sendiri. Teologi pembebasan Katolik
  misalnya, saya pikir menampilkan sisi terbaiknya dalam hal ini (i.e
  sisi teologi yang pragmatis).

  Tapi....yang bikin aku kuatir, kalau faktor 'single avatarnya' itu
  yang ditampilkan. Contoh, teologi Bush dan pendukung fundamentalis
  dan die hard capitalist, sangat menguatirkan - sebagai external
  threat kepada yang lainnya. Secara internal kupikir dunia Kristen
  nggak mempunyai persoalan lebih jelek dari dunia Muslim.

  Teologi Islam, seperti yang di-implikasikan mba Chae, lebih optimis.
  Ada sejumlah avatar, dan setiap kita berpotensi menjadi avatar. Lihat
  kalimat mbak Chae yang fokus pada avatar-avatarnya.  Kalau kita pikir-
  pikir, syafaat nabi itu ujung-ujungnya kan ke perbuatan kita sendiri,
  ini kan yang tersiratkan dari postingan mbak Sari mengenai syafaat.
  Saya pikir inilah bentuk terbaik pengertian teologi Islam pada
  kehidupan sehari-hari (i.e teologi yang pragmatis).

  Yang menguatirkan adalah gelombang konservatism dalam Islam yang
  fokus nggak pada tempatnya pada Allah yang Esa, yang diwakili oleh
  teks Quran, yang dipercayai oleh ummat wasathan yaitu ummat Islam.
  Mitos ummat Quranic monotheist ini jadi fokus pemberhalaan. Ini
  menjadi persoalan internal di dunia Muslim, yang sedang menggeliat
  dari keterbelakangannya. Persoalan internal dunia Muslim jauh lebih
  serius ketimbang di dunia Kristen, sehingga sebagian orang Islam
  merangsek sebagian muslim lainnya, gara-gara pemberhalaan ini.

  Lalu dimana level playing fieldnya?
  Udah keliatan di WM ini. Mba Chae, Yas dan sejumlah kawan lainnya
  bertemu di level playing field itu - as long as we are looking and
  moving into the same direction, no matter where we are. Ini pandangan
  optimis.

  Pandangan pesimis? Lihat aja tuh HMNA dan Sato, they are so real, not
  only virtual characters.  Saya yakin Pak Sabri akan setuju dengan ini.

  Salam
  Mia

  --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Chae"
  <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  > Bukan canggih Pak Yas tapi dapet bocoran dari
  SABDA...tinggal "klik";)

  > Ikutan ilustrasinya Pak Yas, mudah-mudahan enggak bikin
  > bingung....jika Pak Yas diibaratkan sebagai pngeemis yang sudah
  > diberikan si A makanan sesuai klaim dari Pak Yas sedangkan saya
  tidak
  > diberikan makanan oleh si A apakah Pak Yas yakin bahwa saya tidak
  akan
  > mendapatkan makanan karena hanya si A yang bisa memberikan makanan
  dan
  > tidak ada yang lain??? atau pak Yas menyakini walau saya tidak
  > mendapatkan makanan dari si A tapi saya bisa mendapatkan makanan
> [...]
  Makin

  Iman

  PB

  MEREKA.
  KONSEP

  TERBENAR,

  sejajar/seimbang/sederajat

  Yesus,

  Kamu

  YWH

  Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet
Muslim. Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541
atas nama RETNO WULANDARI.

  Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM