--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Sato Sakaki
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Sato:
Yesus meREFORMASI hukum Taurat. Sebagai Tuhan Anak
Allah, bahkan bersama Rohul Kudus sebagai Allah
sendiri, Dia berwenang untuk itu. Bahkan meniadakan
hukum Tauratpun Dia berwenang, kalau Dia mau.

Lina:
1)Yesus sebagai Tuhan Anak Allah bahkan BERSAMA Rohul
Kudus sbg Allah sendiri¡¨ Dengan adanya kata BERSAMA
berarti ada beberapa oknum/unsur (Disini ada dua
oknum/unsur). Dua-duanya berwenang? Anak Allah dan
Allahnya sama-sama berwenang? Tentu Allah berwenang,
tapi Allah tidak akan sewenang-wenang. Gak tau deh
anaknya...

(SATO: Trinitas, Allah Bapa, Allah Anak dan Allah
Rohul Kudus yang omnipresent itu adalah ESA adanya.)

2) menurut bung Sato, apa sih arti kata reformasi itu
?
Dan berdasarkan dari kamus mana arti kata yang bung
Sato maksudkan.

(SATO: Meng-amandemen, memperbaharui, mengganti
bagian-bagian yang dianggap kurang baik dengan yang
lebih baik demi kebaikan. Itu bisa anda temukan di
kamus atau ensiklopedi mana saja.)

> [...]
> Kristen itu adalah INJIL, bukan Taurat". Jadi,

> Taurat itu dipakai rujukan jika di Injil
> tidak ada rujukannya alias Taurat sebagai landasan
> tambahan. Padahal kalau memperhatikan (Injil) Matius
> 5:17 itu, Yesus datang untuk menggenapi kitab para
> nabi sebelumnya artinya Yesus datang untuk
> menambahkan yang sudah ada (tanpa merubah dan
> meniadakannya).
>
> Matius 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku
> datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para
> nabi. Aku datang bukan untuk
> meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Sato:
Menggenapi yang dimaksud Yesus adalah menggenapi apa
yang sudah dinubuatkan Taurat dan kitab-kitab para
Nabi lainnya mengenai kedatangan Mesias (Al Mahdi),
yang tak lain adalah diriNya sendiri.

Lina:
Kan sudah jelas dikatakan Matius 5:17 bhw utk
meniadakan HUKUM Taurat¡¨ bukannya meniadakan NUBUATAN
Taurat¡¨?
Berarti menggenapinya¡¦pun maksudnya adalah menggenapi
HUKUM Taurat¡¨.

Hukum apa perlu penggenapan, sih? Saya harus percaya
Matius ato bung Sato?.

(SATO: Hukum tidak perlu digenapi, hukum Taurat malah
di-amandemen oleh Yesus. Hukum rajam dan hukum-hukum
biadab lainnya dia ganti dengan hukum Kasih. Larangan
berbagai makanan yang tak jelas gunanya tidak perlu
diikuti lagi, walau semuanya masih tertulis di Taurat,
tidak ada satu titikpun yang dihilangkan. Yang
digenapi oleh Yesus adalah nubuat Taurat dan kitab
nabi-nabi lainnya bahwa akan datang seorang Mesias
yang adalah Anak Allah, yang bersama-sama dengan Roh
Kudus adalah Allah sendiri. Itulah dirinya sendiri,
Yesus Kristus).

<deleted>

Sato:
Ayat ini yang dikutip Yesus ketika imam besar
menanyakan apakah Dia Mesias.

'Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi,
katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang
Terpuji?"

Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat
Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan
datang di tengah-tengah awan-awan dilangit." '(Markus
14:61-62).

Lina:
Markus bilang begitu (Yesus mengakui sebagai Mesias),
tapi tidak dengan Matius 26:63-64 dan Lukas 22:70
(Yesus tidak mengakui, kasarnya Yesus bilang, elu kan
yang bilang gitu, gw sih kagak)

(SATO: Anda membaca ayat-ayat yang "dipelintir" dan
"ditukangi" oleh Ahmad Deedat. Kalau baca ya baca
langsung dari Alkitabnya, dan baca dalam konteks,
bukan sepotong-sepotong seperti yang disodorkan ustad
Afrika Selatan asal India itu dalam kumpulan
propaganda dakwah anti-Kristen-nya.

Ini saya berikan teks lengkapnya Matius 26:57-68 :

26:57 Sesudah mereka menangkap Yesus, mereka
membawa-Nya menghadap Kayafas, Imam Besar. Di situ
telah berkumpul ahli-ahli Taurat dan tua-tua.
26:58 Dan Petrus mengikuti Dia dari jauh sampai ke
halaman Imam Besar, dan setelah masuk ke dalam, ia
duduk di antara pengawal-pengawal untuk melihat
kesudahan perkara itu.
26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama
mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia
dapat dihukum mati,
26:60 tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun
tampil banyak saksi dusta. Tetapi akhirnya tampillah
dua orang,
26:61 yang mengatakan: "Orang ini berkata: Aku dapat
merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam
tiga hari."
26:62 Lalu Imam Besar itu berdiri dan berkata
kepada-Nya: "Tidakkah Engkau memberi jawab atas
tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?"
26:63 Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar
itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah
kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau
tidak."
26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan
tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan
melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang
Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."
26:65 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan
berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu
saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya.
26:66 Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan
berkata: "Ia harus dihukum mati!"
26:67 Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya;
orang-orang lain memukul Dia,
26:68 dan berkata: "Cobalah katakan kepada kami, hai
Mesias, siapakah yang memukul Engkau?"

SATO: Dan bukankah dalam hampir setiap pembicaraan dan
khotbahnya Yesus menyebut Allah sebagai Bapa? Dan Dia
adalah Anak? Itulah yang dipersoalkan Khomeini, ehh
Imam Besar Kayafas. Dan ini Lukas 22:63-71  :

22:71 Dan orang-orang yang menahan Yesus,
mengolok-olokkan Dia dan memukuli-Nya.
22:64 Mereka menutupi muka-Nya dan bertanya: "Cobalah
katakan siapakah yang memukul Engkau?"
22:65 Dan banyak lagi hujat yang diucapkan mereka
kepada-Nya.
22:66 Dan setelah hari siang berkumpullah sidang para
tua-tua bangsa Yahudi dan imam-imam kepala dan
ahli-ahli Taurat, lalu mereka menghadapkan Dia ke
Mahkamah Agama mereka,
22:67 katanya: "Jikalau Engkau adalah Mesias,
katakanlah kepada kami." Jawab Yesus: "Sekalipun Aku
mengatakannya kepada kamu, namun kamu tidak akan
percaya;
22:68 dan sekalipun Aku bertanya sesuatu kepada kamu,
namun kamu tidak akan menjawab.
22:69 Mulai sekarang Anak Manusia sudah duduk di
sebelah kanan Allah Yang Mahakuasa."
22:70 Kata mereka semua: "Kalau begitu, Engkau ini
Anak Allah?" Jawab Yesus: "Kamu sendiri mengatakan,
bahwa Akulah Anak Allah."
22:71 Lalu kata mereka: "Untuk apa kita perlu
kesaksian lagi? Kita ini telah mendengarnya dari
mulut-Nya sendiri."
----------

Sato:
Jadi ketika Yesus menyatakan Dia datang bukan hendak
meniadakan melainkan hendak menggenapi Taurat, maka
yang dia maksud adalah nubuat Taurat mengenai Mesias
(Lukas 24:27,44; Matius 26:54). Yesus mengkaitkan
diri-Nya sebagai Mesias yang menggenapkan apa yang
telah tertulis dalam Taurat dan kitab-kitab lain dalam
Perjanjian Lama.

Lina:
Sama seperti diatas. Maksute, saya masih lebih percaya
Sama yang diucapkan Matius dalam Bible.

(SATO: Baca langsung dari Bible, bukan yang
"ditukangi" atau dicabut dari konteks oleh Ahmad
Deedat.)

> Kalau Taurat hanya dikhususkan untuk kaum Yahudi
> (dalam hal sunat dan babi), untuk hal lain (dalam
hal > Kejadian, Keluaran) di'umum'kan
> buat semua orang ya? Gak konsekwen dong?
>
> Ucapan Yesus yang Sato kutip kan cuma sekitar soal
> halal/haramnya makanan. Ucapan Yesus soal sunat?

Sato:
Sunat adalah bagian dari perjanjian antara Allah
dengan Ibrahim dan KETURUNANNYA yang diberi HAK
KEPEMILIKAN atas Tanah Kanaan, bukan dengan
bangsa-bangsa yang bukan keturunan Ibrahim.

Penafsiran itu dibuat oleh murid-murid Yesus, Simon
Petrus, Yohanes dan lain-lainnya yang memanggil sidang
para pemuka Kristen dan kemudian mengeluarkan
keputusan bahwa bangsa-bangsa lain yang bukan
keturunan Ibrahim yang beralih memeluk agama Kristen
TIDAK PERLU BERSUNAT. Jadi tidak seperti yang
ditiupkan HMNA dan gurunya ustad Afrika Selatan asal
India Ahmad Deedat bahwa ketetapan tidak perlu
bersunat itu dibuat oleh Rasul Paulus. Ini bisa dicari
ayat-ayatnya di Kisah Para Rasul. Kalau perlu nanti
bisa saya sodorkan lengkap.

Lina:
Saya tidak menanyakan hal penafsiran penafsiran,
Saya Cuma ingin UCAPAN2 Yesus tentang sunat.

Lagipula kalau kita melihat Galatia 5:2 (Sesungguhnya,

aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu
menyunatkan
dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna
bagimu),
penafsiran pak HMNA dan Ahmad Deedat bener lho

(SATO: Sunat hanya perlu bagi keturunan Ibrahim dan
budak belian mereka. Bangsa-bangsa lain yang mengikuti
ajaran Yesus sebagai orang merdeka TIDAK PERLU
BERSUNAT, sebab mereka bukan keturunan Ibrahim).

http://mail.yahoo.com

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.