On Thu, 07 Dec 2006 12:17:51 +0700, Chae <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Mudah-mudahan anda tidak keberatan saya ganti subjectnya agar kita
> lebih fokus terhadap apa yang kita diskusikan, iya kan Pak Fauzan??;)
>
> Yang saya pahami didalam ajaran islam adalah KEMANDIRIAN setiap
> manusia untuk bisa menjadi khalifah atau pemimpin, setidaknya
> kewajiban untuk menjadi pemimpin dari dirinya sendiri. Karena pada
> akhirnya nanti yang akan diminta PERTANGGUNG JAWABAN ADALAH DIRI KITA
> MASING-MASING.

benar namun ingat :

Suatu hadith Nabi seperti yang diriwayatkan oleh Ibn Abbas,
mengatakan:"Barangsiapa berbicara tentang al-Qur'an sesuai dengan pendapat
pribadinya (bi ra'yihi), dipersilahkan untuk mengambil tempat duduknya di
neraka." Seperti diriwayatkan oleh Jundub, Nabi juga
mengatakan:"Barangsiapa berbicara sesuai dengan pendapat pribadinya
tentang al-Qur'an dan ia benar adalah (tetap) salah".

> Misalnya saja nich Pak, suatu saat anda disidang oleh Allah SWT dan
> dipertanyakan keputusan anda mengapa anda melakukan hal A misalnya...
> dan kemudian anda jawab "ohhh... anu Gusti Allah saya melakukan hal A
> tsb karena menurutu Ulama atau Kyai atau Ajengan atau Ustad X ini yang
> harus kita lakukan...

yang saya jawab bukan seperti itu, tapi karena Allah dan RasulNya
memrintahkan demikian dan demikian, dan ini sebagaimana ditafsirkan oleh
para ulama terdahulu yang lebih dekat kepada kebaikan dan lebih paham
tentang agama dari pada saya sendiri.

bukankah jawaban saya lebih baik daripada, "ya Allah, ini adalah menurut
saya" o_0

> [...]
> maka setiap diri manusia wajib hukumnya untuk mempergunakan daya akal
> dan pikiran serta usahanya untuk bisa memilih dan menentukan mana YANG
> BENAR DAN MANA YANG SALAH, terlepas apakah itu suatu yang tepat atau
> kesalahan karena pada dasarnya kita hanya mampu MENCARI PEMBENARAN DAN
> BUKAN KEBENARAN KARENA KEBENARAN MANUSIA BERSIFAT RELATIF SEDANGKAN
> KEBANARAN MUTALAK HANYA MILIK ALLAH SEMATA. Tapi setidaknya KITA MAMPU
> BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP PILIHAN YANG KITA AMBIL, itulah kewajiban
> kita sebagai manusia yang di angkat untuk menjadi KHALIFAH DI MUKA

karena KEBENARAN ALLAH ITU MUTLAK, siapa yang paling mengetahuinya?
bukankah orang yang paling dekat dengan Allah? lalu, apakah anda lebih
dekat pada Allah daripada Nabi Muhammad, dan siapakah yang lebih dekat
pada nabi Muhammad, bukankah para ulama terdahulu? kesimpulannya, akal
anda, atau penafsiran ulamakah yang lebih dekat dengan KEBENARAN MUTLAK?
sampai sampai anda mempergunakan pendapat anda sendiri, instead of
pendapatnya ulama?

> Kalau anda berpikir bahwa sebaiknya kita mengekor saja dan meng amini
> saja pendapat orang2 terdahulu yang kita anggap sebagai ulama, ustad,
> kyai, ajengan dll bukankah kita sama dengan binatang ternak yang mau
> saja digiring oleh si gembalanya tanpa mampu BERPIKIR DAN MENGGUNAKAN
> DAYA AKAL PIKIRAN DAN USAHA KITA SEBAGAI MANUSIA??

berpikir penting sekali, untuk membedakan mana ulama yang menyesatkan dan
mana syubhat syubhat yang bertentangan dengan agama, serta membantahnya.
tanpa akal, sudah tentu saya tidak dapat menulis tulisan seperti sekarang
ini. jadi GUNAKAN akal PADA TEMPATNYA, bukan untuk menolak pendapat ulama
yang sudah shahih :)

> [...]
> mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk
> mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak,
> bahkan mereka lebih sesat lagi. Meraka itulah orang-orang yang lalai.
> (QS. 7:179)
>
> kenapa Allah menyamakan orang-orang yang taklik buta dengan binatang
> ternak?? karena kalau binatang itu bebas bukan binatang ternak, dia
> akan berusaha menggunakan dan setiap saat mengasah/meningkatkan
> insting, intuisinya, kemampuanya dalam mempertahankan hidup/bertahan
> hidup. Beda dengan binantang ternak yang memang hanya taklik buta

ini tafsiran siapa hayo... ;;) disana sudah jelas, nggak ada kata kata
taklid buta. tapi kalo anda simpulkan sebagai taklid buta ya saya nggak
ikut ikut. saya bukan ahli tafsir dan saya tidak berani menafsirkan
al-Qur'an sebagaimana yang anda lakukan :) dan silahkan diperhatikan,
"...mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergukan untuk memahami
(ayat-ayat Allah)..."

> Maukah anda disamakan dengan binatang ternak Pak Fauzan???:))

lalu siapa yang kira kira lebih pantas disamakan dengan ternak :)

> [...]
> serahkan kepada setipa manusia, tidak ada lagi hirarki dalam ajaran
> islam, tidak ada lagi monpoli terhadap pemahaman agama Islam, setiap
> diri manusia diwajibkan memikul tanggung jawab untuk bisa mengemban
> tugas yang dulu dipikul oleh Muhammad saw sebagai utusan Allah.
> Didalam Qs.33:40 ditenkan bahwa tidak ada lagi kekhususan atau mandat
> khusus bagi seseorang untuk memonopoli permahaman terhadap ajaran
> islam, tapi menjadi kewajiban kita semua sebagai manusia yang di beri
> tugas untuk menjadi Khalifah di muka bumi.

tahukah anda bahwa ulama itu adalah pewaris para Nabi? dan dengan izin
Allah mereka adalah yang menjaga agama ini tetap asli tanpa dirusak oleh
pemikiran pemikiran sesat :)

> [...]
> itu mengemukakan usulan yang lebih baik lagi yaitu dengan membuat
> parit pertahanan dan melakukan strategi bertahan. Dan ternyata cara
> ini lebih jauh effective dalam mengalahkan musuh. Nabi kemudian
> menerima usulan tersebut.
>
> Pada zaman Rasul, kebebasan atau hak setiap orang untuk berijtihad
> sebatas kemampuan amat dihargai bahkan Rasul sendiri tidak pernah
> memonopoli kebenaran dalam memahami wahyu, setiap orang dibebaskan
> dari belengu-belengu dan mempunyai hak mengkritisi segala sesuatu
> sepanjang kemampuanya.
>
> Bagaimana mana menurut anda Pak Fauzan???

menurut saya :) darimana anda dapatkan riwayat itu? kitab sumbernya ada
nggak? shahih nggak? :) jawab dulu yang itu oke :)

7>>

--
Wassalamu'alaykum Wa Rahmatulloh Wa Barokatuh

Brian Arfi Faridhi / Fauzan bin Hadi
0856-336-4677
Semolowaru Elok G-7 Surabaya 60119

<*> Your email settings: