Ukhti chae & pak Wikan benar...tentang arti masjid dan arti Aqsa....tetapi itu
arti bahasa saja.....cuma pada peristiwa isra miraj..ketika Alloh menyebut
mesjid Aqsa...maka itu menunjuk pada sebuah bangunan yaitu masjid Aqsa
itu......hal lain yg perlu kita ingat bahwa Masjid Aqsa ini merupakan Kiblat
sholat pertama umat islam sebelum turunnya wahyu berupa perintah pengalihan
kiblat sholat dr mesjid aqsa ke mesjid haram....

  Salam
  Her

Chae <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Pak Her,

Terima kasih atas sharingnya, kalau menurut pendapat saya mesjid aqsa
yang dimaksud merujuk kepada sebuah situs berkenaan dengan tempat atau
merujuk kepada batasan jarak dikarenakan..

Pertama kata mesjid sendiri mempunyai 2 makna yaitu makna umum dan
makna khusus. Makna umum dizaman Rasul mesjid berarti tempat yang
digunakan untuk sujud. Dan sesuai dgn hadis Nabi...

Telah dijadikan untukku (dan untuk umatku) bumi sebagai masjid dan
sarana penyucian diri (HR Bukhari dan Muslim melalui Jabir bin Abdullah).

Jadi kata umum pada zaman Nabi untuk mesjid adalah tempat dan ketika
Nabi mengatakan bahwa dia melakukan Isra (perjalanan malam) dari
masjidil haram ke mesjidil aqsa berarti Beliau menyatakan bahwa sampai
kepada TEMPAT YANG JAUH..

Arti kata mesjid yang khusus adalah tempat melaksanakan shalat, ini
yang umumnya kita pahami sebagai arti dari kata mesjid yaitu bangunan
untuk melakukan ibadah kepada Allah, sedangkan menurut Pak Wikan
secara fisik bangunan mesjid Aqsa sendiri belum ada dan belum
digunakan sebagai tempat beribadah...

Ini pemahaman saya saja Pak;)

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, sriwening herpribadi
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ukhti chae.....rasanya penyebutan 2 mesjid itu ( masjidil haram &
masjid aqsa )...bukan sekedar sebagai batasan jarak deh...saya yakin
itu ada makna yg sangat dalam sekali...yaitu fungsi mesjid sbg
pembinaan peradaban umat & negara.....dan dgn menyebut dua mesjid
tersebut yg berjarak jauh itu....seolah olah Alloh memberi suatu
legalisasi kepada N. Muhammad & umat islam ini...bahwa seluruh sejarah
kenabian dari N.Adam sampai N. Muhammad yg memang terlahir didaerah
antara 2 masjid tersebut adalah milik umat Islam...itu sich kesan yang
saya tangkap dr Q.S.:17 ayat 1 itu...Allohulam bisawab