emang yang dapet gelar kebangsawanan itu berbeda2 macemnya ...
ada yang memang keluarga kerajaan, anak raja, keponakan raja, sodara
raja dst ...
ada pula yang jadi abdi dalem alias pegawai kerajaan
sampai beberapa tahun yang lalu saya masih mendengar ada orang yang
mau mengabdi di kraton yogyakarta dengan gaji di bawah UMR asal
mendapatkan gelar kebangsawanan tersebut (gak tahu apakah sekarang
masih ada orang kayak gitu).
sikap feodalisme memang masih kentara, di sisi lain, orang2 terutama
dalam lingkungan kraton juga begitu menjunjung tinggi sang raja dan
atribut2 kerajaannya.

wikan
http://wikan.multiply.com

On 2/20/07, sarinesia <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> yang jelas keraton anti demokrasi dan menjunjung tinggi feodalisme..
>  makanya janoko omongannya joko sembung, ternyata masih keluarga abdi
>  dalem ya.

Kirim email ke