Assalamu'alaikum,

Mbak DINDA,

Tidak diragukan lagi, cara yg dilakukan BOS seperti itu adalah
amatiran, tidak etis dan berbau korupsi yg busuk (jika si Bos bekerja
di perusahaan yng bukan miliknya).

Negosiasi adalah cara yang halal yang dibenarkan menurut ajaran
Islam. Jika tercapai kesepakatan kedua belah pihak karena hasil
negosiasi, maka tuangkanlah kesepakatan itu dalam proposal ataupun
perjanjian.

Jadi, menurut Syari'at, apa yang sudah disepakati itulah yang harus
dijalankan apa adanya, termasuk dokumen pendukungnya
(Tagihan/Invoice) mencerminkan hasil kesepakatan itu.

Jujur adalah tindakan mulia, dan janganlah kejujuran itu dibuat untuk
membantu tindakan korupsi. Jadi, mintalah kontraktor itu untuk
menyerahkan tagihan/invoice apa adanya sesuai dg angka re-negosiasi
yang telah disepakati, dan bayarlah sesuai dengan tagihan itu.

Akan lain ceritanya kalau si Bos adalah pemilik perusahaan 100% di
mana anda bekerja untuknya.

Salam,
MAS

Bos