--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Chae"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
kali
> juga asal dua-duanya cucok..ya monggo bae. Kalau istilah sunda na
mah
> awet rajet...leres neng Aisya??;)
>
> Soal 3 kali cerai harus diselingi perempuan dan lelaki lain kalau
> tidak salah ini berupa fiqh yach??CMIIW. bentuk aturan yang demikian
> dibuat agar bisa melindungi perempuan dari permainan nafsu lelaki
> buaya darat pada zaman itu..soale jatah istri cuman 4 sedangkan
> keinginan bisa lebih.
>
> Nah buat perempuan silahkan mengajukan cerai dengan cara
mengembalikan
> mahar, apalagi mahar dikita mah sesuatu yang simbolis sekedar
> seperangkat alat sholat dan duit ala kadarnya maka sudah syah bagi
> perempuan untuk mendapatkan hak menceraikan suaminya.

kalo menurut saya, Perempuan, terutama yang tidak punya akses
ekonomi, sangat sulit mendapatkan hak tersebut. Selain tidak tahu,
juga seringkali tidak berani...:-((

Kemarin saya baca berita tentang Ny Tasbirah, istri muda seorang guru
ngaji (fakta ini saya baca di Koran Tempo, tapi tidak berani
disebutkan oleh Kompas dan Jkt Post, sori, saya tidak baca media yang
lain :-))) bernama Pak Anwar. Bu Birah ini belum selesai masa nifas,
dia menolak diajak ML suaminya sehingga si suami marah dan, masya
Allah, membakarnya. Kemarin Ny Tasbirah diberitakan wafat...

Sebelumnya, Bu Tasbirah yang kesulitan biaya (keluarga Pak Anwar yang
kaya itu tak mau menanggung biaya RS karena keluarga Bu Birah
melaporkan kejadian tersebut ke polisi dan si guru ngaji kini
ditahan) terpaksa berobat jalan padahal dokter belum sepenuhnya
mengijinkan ia pulang. Dengan alasan biaya pula, Bu Birah ini
dirawat di rumah yang rawan terjadinya infeksi (PCMIIW). Dan
terbukti, hari Minggu malam Bu Birah dilarikan kembali ke RS karena
demam tinggi dan esoknya wafat. Innalilahi wa inna ilaihi rajiun.

Yang membuat saya sedih, Bu Birah ini, ketika kembali ke rumah, TIDAK
BERANI menggugat cerai suami durjananya itu....

slm,
rita

Kirim email ke