Tolong dong saya dikasih pencerahan..,
apa bener frasa "untuk dibedakan" dalam konteks thread ini
adalah "untuk dibedakan dari wanita kafir/non muslim"?

Setahu saya nih, baju yang disebut "busana Muslimah" tersebut adalah
busana para perempuan "saleh"/"terhormat"/"dari keluarga bangsawan"
dari daratan Timur Tengah (terutama perempuan Yahudi)yang telah
dikenakan jauh sebelum  lahirnya agama Islam. Jadi ketika Ayat Quran
tentang "Untuk Dibedakan" itu lahir, setting sosial pada waktu itu
ada orang Islam, Kristen dan Yahudi hidup bersama di suatu lokasi
dimana para perempuan dari KASTA sosial yang tinggi memakai busana
yang khas, berupa gaun panjang dan kerudung penutup kepala. Busana
itu diabadikan oleh para perempuan saleh dalam agama Katholik sampai
sekarang (bisa dilihat dlm foto Ibu Theresa dll). Para perempuan
Yahudi juga memakai penutup kepala pada hari besar mereka, antara
lain saat  pemakaman dan upacara perkawnan karena itu memang TRADISI
mereka.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, IrwanK <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
salah,
> tetap kurang nyaman.. apalagi disampaikan di depan publik..
> Kenapa bukan non muslim yang dipopulerkan ketimbang kafir?
> Maaf, saya sebenarnya gak punya ilmu banyak.. cuma berasa agak
ngeganjel
> aja baca/dengar kata kafir keluar dengan lancarnya.. makanya jadi
nyahut
> nih..
>
> Tentu lain halnya kalau Alqur-an yang menyampaikan itu.. sebagai
paparan..
> atau bahan pelajaran bagi yang membaca/mempelajarinya..

mereka

tidak boleh disamakan dengan wanita kafir.

Kirim email ke