--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "rsa" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
di
> awang2, di angan2 bisa nyata.
>
> Dana ini memang from another planet kali ya. Maaf Dana, saya
katakan
> demikian karena seolah anda menutup mata pada adanya bukti ukhuwah
> ini di sekliling anda, you see it or not, and this is also your
> problem, seeing islam form non-muslim specs! Belum lagi ukhuwah di
> antara muslim yang terentang sejak zaman Rasulullah yang terukir
> manis dalam tinta emas dalam buku tarikh dan sirah (baca=siroh)
> Rasul, para shahabat dan para ulama kemudian.

Ini sebetulnya diskusi tanpa empati tadi.

mas satriyo bicara dalam konteks normatif,
yang semua orang juga sudah tahu.

Yang ditekankan oleh Bung Dana adalah pentingnya membumi,
bicara realita, dimana sesungguhnya bagai fatamorgana.

Memang Jaman Rasul jelas hal itu terlihat.

Tapi begitu Rasul wafat,
pertumpahan darah itu terjadi diantara orang-orang beriman.
Bahkan diantara sahabat yang dijamin masuk surga sekalipun!!

Dan itu terlihat juga sampai sekarang.

Bahwa pada tingkatan personal itu lebih baik,
tentu saja. Manusia pada dasarnya hanif.
Tapi secara global, nation by nation, suku by suku,
"ukhuwah islamiyah" tadi tidak bisa terlihat lagi.

Bukankah mas satriyo juga bisa melihat itu?

salam
Ary

> Sayang sekali kali semua fakta itu you simply throw them down the
> drain, you flush them and regard them as NOTHING! What a pity!
>
> Kalo memang selama ini anda belum merasakan ukhuwah, atau, meminjam
> sarkasme Wikan, belum ada ukhuwah yang sesuai selera (kelompok)
anda,