Assalamualaikum, wr, wb,
mas Satriyo,
Anda sama2 sudah setuju bahwa gambaran seorang muslim tepatnya seperti
nasehat Baginda Rasulullah saw. itu, "keamanan dan keselamatan".

Pesan ayat ini merupakan jaminan keamanan bagi masyarakat. Islam
mengajarkan supaya orang-orang muslim menciptakan perdamaian terhadap
keselamatan diri, bahkan lebih jauh lagi keselamatan dan perlindungan
penganut agama-agama lain. Setiap orang berhak untuk merdeka menjalankan
Ibadah sesuai dengan pilihan hati nuraninya.

mas Satriyo mungkin lebih tahu, Di zaman Baginda Rasulullah saw. memang
terjadi peperangan, namun kekuatan Islam bukan terletak pada senjata
pedang. Itu hanya kondisi terpaksa orang2 muslim pada saat itu untuk
menyelamatkan diri mereka, agama mereka, dan wujud Rasulullah saw. dari
kemusnahan kezaliman. Ajaran Islam selamanya menyebarkan keselamatan dan
kasih sayang, ini terbukti beliau saw. dan pengikut2 beliau saw.
menderita bertahun-tahun oleh paksaan dan penganiayaan di Mekkah,
kemudian diusir dari sana dan tidak pula dibiarkan hidup dengan aman di
tempat pembuangan mereka di Medinah. Begitu berharganya kemerdekaan
nurani itu. Pembelaan kaum muslimin waktu itu bukan semata2 untuk
keselamatan beliau saw. dan para pengikut beliau saw., tapi keselamatan
penganut lain juga. Itu yg kita lihat pada pesan ayat berikutnya. Hikmah
dari mempertahankan kemerdekaan nurani diizinkan karena kalau tidak,
tempat ibadah agama-agama lain juga akan mengalami nasib yang sama, akan
mengalami kehancuran akibat perlakuan zalim. Baginda Rasulullah saw.
memperlihatkan gambaran kemerdekaan beragama dan beribadah saat itu dan
untuk saat sekarang, tentunya ini juga usaha-usaha dari kalangan yg
selama ini membela kelompok 'yg teraniaya', menghargai agama lain dan
melindungi tempat-tempat peribadatannya.

Sejauh mana tentang orang-orang Ahmadi, mereka tidak mungkin melakukan
perlawanan balasan dengan cara yang sama dengan perlakuan jahat mereka.
karena orang-orang Ahmadi telah beriman kepada Imam Zaman yang
dijanjikan Baginda Rasulullah saw.. dinegeri manapun mereka tinggal akan
tetap selamanya memperlihatkan ajaran kedamaian dan kasih sayang, karena
kebutuhan zaman ini bukanlah menghunus pedang, tp medan perang sekarang
adalah kekuatan Islam dg menampilkan keindahan Al-Quran lewat akhlak
Baginda Rasulullah saw.   "Love For All, Hatred For None".

salam,
asshaf