assalaamu alaikum,

berikut ada tulisan teman yang merefleksi soal fenomena NABI PALSU yang
SESAT dan MENYESATKAN ini, ... semoga berkenan.

salam,
satriyo

PS: maaf buat yang saya japri ...
PPS: knapa ya disebut dengan ALIRAN TIDAK LAZIM, padahal jelas SESAT???

*Karena Standar Kita Rendah, Saudaraku ...*

assalaamu'alaikum wr. wb.

Umat yang malang ini kini diuji dengan berbagai nabi palsu yang muncul
nyaris berbarengan.  Seperti mengikuti komando yang tak terlihat, mereka
berdatangan dari segala arah.  Virus megalomania berjangkitan dimana-mana.  Ada
yang mengaku mendapat wahyu setelah bertapa di Gunung Bunder, ada pula yang
mengaku-ngaku sebagia titisan Maryam atau Jibril (klaimnya memang selalu
berubah seiring waktu).  Ada yang mengaku menjalankan syariat yang
sebenarnya dengan mengecat rambutnya pirang dan berpakaian hitam, sehingga
mereka – seperti pengakuan imamnya sendiri – berwajah seram dan bagaikan
singa.

Tidak perlu menyesali kedatangan para nabi palsu yang hidup dengan
membohongi diri sendiri.  Sejak dulu manusia jenis ini sudah ada.  Matanya
tertutup, pergaulannya sangat sempit, sehingga ia merasa dirinya hebat
sendirian, sementara yang lain tidak.  Mereka tidak tahu kenyataan, karena
mereka ciptakan dunia independen dalam dirinya sendiri.  Ketika Rasulullah
saw. masih hidup pun ada orang yang berusaha menandingi surah Al-'Ashr
dengan sebuah syair bodoh tentang Gajah.  Sepeninggal Rasulullah saw.,
tepatnya pada era pemerintahan Khalifah Abu Bakar ra., muncul pula nabi
palsu yang membawa sebuah syair tentang kodok.  Agaknya tantangan Al-Qur'an
untuk menciptakan ayat-ayat yang mampu menandinginya memang terlalu berat
bagi manusia.

Semuanya bermuara pada pendidikan.  Secara formal maupun non-formal,
pendidikan agama di negeri ini memang masih sangat menyedihkan.  Kita nyaris
tidak mendapatkan apa-apa dari pengajaran di sekolah.  Waktu SD dulu, saya
pernah mendebat guru agama yang mendefinisikan Islam sebagai singkatan dari
'Isya, Subuh, Lohor, 'Ashar dan Maghrib.  Ketika itu saya protes karena nama
Islam berasal dari bahasa Arab, dan setahu saya, dalam bahasa Arab tidak ada
kata "*Lohor*", yang ada hanyalah "*Zhuhur*".  Kalau memang nama agama ini
berasal dari singkatan nama shalat lima waktu, maka namanya tidak akan
menjadi "*Islam*", melainkan "*Iszam*".  Kalau mau argumen yang lebih cerdas
lagi, silakan merujuk pada salah satu hadits* arba'in* dari An-Nawawi yang
penjabarannya sudah dikenal oleh setiap anak SD yang beragama Islam yang
paling bodoh sekalipun.  Hadits itu menjelaskan rukun Islam yang terdiri
dari lima hal yang sudah amat kita kenal.  Yang namanya rukun tentu tak
boleh ditinggalkan sama sekali.  Karena itu, shalat lima waktu yang wajib
itu hanya satu dari lima rukun Islam.  Kebodohan guru agama saya dulu itu
'dikompensasi' dengan nilai tujuh di dalam rapor, dan saya belum pernah
menerima nilai di bawah sembilan untuk pelajaran yang sama di waktu
lain.  Bahkan
guru agama pun tak mampu mengendalikan egonya dengan baik.  Ilmu macam apa
yang akan diwariskan kepada murid-muridnya?

Standar kita memang terlalu rendah.  Terlalu sedikit kita mempelajari
Al-Qur'an, Al-Hadits dan Sirah Nabawiyah, sehingga kita justru merasa asing
dengan agama ini.  Fakta bahwa para nabi palsu akhir-akhir ini sedang 'naik
daun' adalah suatu petunjuk bahwa begitu banyak orang yang tidak memahami
agamanya sendiri.

Dalam Islam, kita mengenal banyak tingkatan manusia.  Ada kafir, *munafiq*,
*fasiq*, Muslim, dan sebagainya.  Diantara umat Islam pun ada berbagai
tingkatannya.  Ada yang ahli *bid'ah*, ada yang rajin maksiat, ada yang
pembohong, ada yang malas ibadah, ada pula orang-orang saleh.  Di atas
orang-orang saleh itu adalah para utusan Allah, yaitu para Nabi dan
Rasul.  Diantara
para Nabi dan Rasul, kita mengenal manusia yang kualifikasinya paling
tinggi, yaitu Rasulullah saw., sang Nabi penutup, sang Rasul akhir jaman.

Berdasarkan logika sederhana saja, kita akan menyadari bahwa seorang
direktur atau manajer perusahaan hanya akan mengganti karyawannya dengan
yang setara atau lebih baik, atau setidaknya masih dalam *range* kualifikasi
yang sama.  Tidak mungkin ada direktur yang mengganti karyawan dengan yang
lebih buruk.  Kalaupun terjadi, itu pastilah sebuah kekhilafan murni, bukan
kesengajaan.  Allah SWT, di sisi lain, tidak mengenal ketidaksengajaan.  Karena
itu, logikanya, Allah tidak akan mengganti seorang Nabi atau Rasul dengan
seseorang yang tidak memenuhi standar kualifikasinya.

Dengan demikian, kalau masih *ngotot* ingin menjadi Nabi sesudah Rasulullah
saw., maka setidaknya ada dua hal yang mesti diperhatikan : (1)
kualifikasinya harus lebih tinggi dari manusia kebanyakan, karena seorang
Nabi harus lebih baik daripada orang-orang saleh, dan (2) harus memiliki
kualifikasi seorang Nabi, atau *preferably* yang lebih baik daripada yang
digantikan (*which is *Rasulullah saw.).

Sekarang mari kita cek keterangan Al-Qur'an mengenai kualifikasi para Nabi.

Sebelum Allah menciptakan Nabi Adam as., Allah juga telah menciptakan para
malaikat dan jin.  Ketika itu, Allah menceritakan kehendak-Nya untuk
menciptakan manusia yang kemudian mendatangkan keheranan bagi para Malaikat.
Jawaban Allah SWT yang singkat dan tegas membuat para malaikat memilih untuk
tidak mempertanyakan masalah ini lebih jauh lagi : "Sesungguhnya Aku
mengetahui apa yang kamu tidak ketahui."  Setelah Nabi Adam as. diciptakan,
Allah mengajarinya begitu banyak pengetahuan yang bahkan para Malaikat pun
tidak mengetahuinya.  Melihat luasnya pengetahuan Nabi Adam as., para
malaikat pun takjub dan tidak menolak ketika disuruh bersujud kepadanya (Q.S.
Al-Baqarah [2] : 30 – 34).  Kalau mau menggantikan Nabi Adam as., maka harus
mampu memiliki pengetahuan yang membuat para Malaikat takjub.

Nabi Nuh as. adalah contoh seorang pendakwah tangguh.  Beliau
berbantah-bantahan dengan kaumnya sendiri yang durhaka kepada Allah.  Begitu
kuatnya usaha beliau, namun betapa keras kepalanya mereka dalam
kekufuran.  Nabi
Nuh as. tidak mengeluh sedikit pun, namun akhirnya Allah sendirilah yang
mewahyukan padanya bahwa kaumnya tidak akan beriman padanya kecuali mereka
yang sudah beriman saat itu.  Dengan pengikut yang secuil itu, Nabi Nuh as.
dengan tabah terus berdakwah sekaligus memimpin para pengikutnya membangun
sebuah perahu superkuat untuk menyelamatkan diri dari banjir besar yang
menghabisi kaumnya, termasuk putranya sendiri (Q.S. Huud [11] : 25 –
83).  Kalau
mau menggantikan Nabi Nuh as., jangan pernah mengeluh dan harus punya *track
record* yang hebat dalam berdakwah.

Nabi Ibrahim as. hidupnya tidak pernah sepi dari cobaan.  Beliau tidak lari
dari tantangan.  Menghadapi umatnya yang gemar menyembah berhala, Nabi
Ibrahim as. melakukan serangan yang langsung kepada pusatnya.  Beliau
hancurkan berhala-berhala itu, dan ditantangnya mereka secara terbuka (Q.S.
Al-Anbiyaa' [21] : 52 – 67).  Nabi Ibrahim as. kemudian berhadapan dengan
seorang Raja, dan kekerasan hatinya tetap menjadi ciri khasnya.  Terhadap
raja yang merasa dirinya paling hebat, beliau ajukan tantangan :
"Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah ia
dari barat!" (Q.S. Al-Baqarah [2] : 258).  Atas 'kenekadannya', Nabi Ibrahim
as. diganjar hukuman dibakar hidup-hidup, namun Allah menyelamatkannya (Q.S.
Al-Anbiyaa' [21] : 68 – 70).  Sampai akhir hayatnya, Nabi Ibrahim as.
dikenal karena keteguhan hatinya untuk tetap berada dalam jalan yang lurus.
Beliau tidak menolak ketika harus meninggalkan istri dan anaknya di lembah
tandus tak berpenghuni (Q.S. Ibraahiim [14] : 37), tidak juga protes ketika
disuruh menyembelih Nabi Isma'il as (Q.S. Ash-Shaaffaat [37] : 102 –
107).  Kalau
mau menjadi pengganti Nabi Ibrahim as., minimal harus memiliki keteguhan
seperti beliau.  Buktikanlah dengan menentang kesesatan di tengah-tengah
masyarakat secara terbuka, menasihati penguasa yang zalim secara
terang-terangan, dan tidak boleh menolak tugas seberat apa pun dari Allah
SWT.

Kalau mau jadi pengganti Nabi Isma'il as., berarti masa mudanya harus
dipenuhi dengan prestasi memakmurkan rumah-rumah Allah dan membaktikan diri
pada-Nya saja.  Kalau mau menggantikan Nabi Yusuf as., maka harus bisa
menyelamatkan negeri sendiri dari krisis ekonomi.  Kalau mau menjadi
pengganti Nabi Musa as., maka harus mampu memimpin umat untuk menghindar
dari marabahaya.  Kalau punya hasrat menjadi pengganti Nabi Daud as.,
mestilah memiliki keperkasaan yang unggul.

Nanti sajalah mempersoalkan masalah legalitas 'para nabi' setelah Sang Nabi
Penutup.  Sekarang pandanglah orang-orang yang mengaku nabi itu, dan
tanyakanlah pada hati terdalam : "Apa pantas mereka menyebut dirinya sendiri
nabi?  Apa yang mereka miliki sehingga mampu menggantikan para Nabi dan
Rasul terdahulu?"

*I rest my case.*

On 10/29/07, Sunny <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  .
>

> http://www.banjarmasinpost.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=5581&Itemid=180
>
> Maraknya Aliran-aliran Tidak Lazim (1), Semua Mengaku Sebagai Nabi
>
> Minggu, 28-10-2007 | 02:03:20
> Asyhadu alla ilaaha illallah, wa asyhadu anna al masyikh al maw'ud
> rasulullah (Saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan Al-Masyih
> Al-Maw'ud utusan Allah).
>
> Ahmad Moshaddeg dengan mata tajam menatap satu per satu pengikutnya yang
> mengucapkan janji setia. Berbalut jas rapi, puluhan pengikut Al-Qiyadah
> [...]
Sesungguhnya, hanya dengan mengingat Allah, hati akan tenang

Milis Keluarga Sejahtera mailto:[EMAIL PROTECTED]
Milis Anak Muda Islam mailto:[EMAIL PROTECTED]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: