From: "Aisha" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Mon, 3 Mar 2008 04:16:37
To:<wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Subject: Re: [wanita-muslimah] Contoh undangan bedah buku

Pak Satriyo
 Jika "tujuannya memang bukan membedah ", maka tentunya akan lebih baik memakai
istilah lainnya dan bukan berjudul bedah buku, karena bedah buku itu kan
mengupas tuntas isi satu. Kupas tuntas isi satu buku akan lebih tercapai jika
penulisnya juga diundang.

 Jika acaranya terbuka tapi terbatas, kenapa ada undangan bedah buku di I yang
masuk ke milis WM?..:) Akan lebih baik jika terbatas, cukup undangan itu di
milis I saja.

 salam
 Aisha
 -----------------
 From : Satriyo

 Terima kasih, buat kode etiknya.
 Kembali ke bedah buku Moqsith di INSISTS, saya kira yang terjadi adalah sifat
acaranya yang walau terbuka tapi terbatas, selain spt dikatakan oleh panitia,
tujuannya memang bukan membedah dalam konteks mendatangkan penulis, tapi ingin
membicarakan saja isi tulisannya. Dengan demikian, jelas, bahwa undangan bedah
buku INSISTS itu tidak bisa disamakan dengan bedah buku terbuka yang umum
dilakukan sec insidental, mengingat acara tsb adalah bagian dari diskusi rutin
pekanan INSISTS di hari Sabtu, yang sudah berlangsung selama beberapa tahun
terakhir. Saya ulangi, bedah buku yang dilakukan di INSIST untuk mengorek isi
tulisan Moqsith adalah bagian dari diskusi rutin pekanan, dan bukan bedah buku
publik yang dilakukan insidental, dan bukan pula sebagai forum dialog.

 Untuk saya, demikian saya akhiri diskusi tentang bedah buku dengan penjelasan
saya di atas, krn sudah jelas duduk perkaranya.

 Terakhir, yang saya sebut konteks think-tank adalah konteks internal, jadi,
ya, mana pas kalo membuat acara bedah buku publik. Namanya think-tank macam di
CSIS atau Habibi Centre, tentu jika ada 'bedah buku' itu pasti berlangsung
internal. Saya kira jelas soal ini.

 satriyo
 --- In wanita-muslimah@ <mailto:wanita-muslimah%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com, "ma_suryawan"
 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 > Bung Satriyo,
 >
 > Dalam suatu acara bedah buku untuk publik (ini yang sedang
 dibahas),
 > mengundang dan menghadirkan penulisnya adalah sebuah kode etik.
 Kode
 > etik itu penting, karena menyangkut masalah moral dan etika. Jadi,
 > bukan masalah tidak adanya aturan atau adanya aturan yang baku. Ini
 > yang pertama.
 >
 > Kedua, meskipun pihak penyelenggara (think tank) dan wawasan
 > anggotanya bersebrangan dengan ide dan gagasan si penulis dan
 > kemudian penyelenggara itu membuat acara bedah buku untuk publik
 > tanpa menghadirkan penulisnya, ini jelas melanggar kode etik.
 Sebab,
> [...]
 > yang ada dalam bukunya.
 >
 > Ketiga, soal mau datang atau tidak datangnya penulis ketika
 diundang
 > adalah soal lain lagi, tidak ada hubungannya dengan bedah buku
 untuk
 > publik. Kode etik yang dijalankan adalah, pihak penyelenggara
 > mengundang penulis utk bedah buku publik, jika penulis tidak bisa
 > datang, maka pihak penyelenggara meminta izin (consent) kepada
 > penulis untuk membedah bukunya. Jika diizinkan, acara bisa jalan
 > terus. Jika tidak diizinkan, maka acara harus ditiadakan. Inilah

Milis Keluarga Sejahtera mailto:[EMAIL PROTECTED]
Milis Anak Muda Islam mailto:[EMAIL PROTECTED]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: