Masya Allah!
Maaf, ini kecerobohan saya, dalam otak saya yang dibahas itu buku pak M yang
diributkan etika bedah bukunya itu adalah buku umum yang beredar di pasaran.
Setelah saya check lagi (check & re-check itu kan tabayyun dalam Islam ya?),
ternyata thread semula subyect-nya "Bedah Disertasi Dr. Abd Moqsith
Ghazali", saya baru bengong di depan komputer, jadi ini disertasi ya? Bukan
buku yang dijual bebas di toko buku? Mungkin masalahnya lain jika
disertasinya sudah dicetak jadi buku yang dijual ke umum, kalau tidak salah
satu buku tentang ekonomi pak Rizal Malarangeng itu dari disertasinya
(cmiiw). Untuk membedah buku pak Rizal ini saja, sudah selayaknya mengundang
penulisnya, minimal minta izin atau memberi tahu, apalagi disertasi yang
tidak dicetak untuk umum.

Satu saat, saya mendapat tugas dari seorang tante yang sedang menulis
disertasi di bidang farmasi di kota lain. Dia minta tolong untuk mengkopi
satu disertasi sebagai salah satu rujukan penelitiannya di program S3.
Kebetulan memang saya berniat membaca dan mencari beberapa buku di
perpustakaan. Jadi ceritanya saya mencari disertasi yang dimaksud, petugas
mengizinkan saya membaca disertasi tebal itu, tapi MELARANG MENGKOPI
DISERTASI itu, itu etika di kampus.

Di saat yang lain, saya memerlukan beberapa hasil penelitian S2 di ITB yang
berbentuk tesis. Di perpustakaan bisa difotokopi oleh petugas karena tesis
tidak bisa dipinjam ke rumah, tapi YANG BISA DIFOTOKOPI PETUGAS HANYA BAB 1
dan BAB 2, bab-bab selanjutnya tentang isi dari penelitian dalam tesis yang
tidak boleh sembarangan beredar dan dimiliki umum itu tidak boleh
difotokopi, itu etika kampus.

Nah, sekarang masalahnya lebih mengerucut bukan? disertasi itu bagaimana
sampai ke acara bedah buku di rumah? Apalagi tanpa menghadirkan penulis
disertasinya, atau mungkin kalau pun tidak mengundang, apakah disertasinya
keluar dari kampus, sudah seizin kampus dan penulisnya?

Ada kemungkinan lain, mungkin saja terjadi nama acaranya "bedah disertasi",
tapi tidak dihadirkan fisik draft lengkap fotokopian disertasinya untuk
peserta acara tersebut. Tapi apakah para pembicaranya (atau 1 pembicara?)
memiliki dan membaca disertasi itu secara lengkap? Jika memiliki, apakah dia
memiliki secara "legal" karena ketentuannya kan itu milik universitas dan
penulisnya yang tidak boleh dimiliki umum. akan lebih buruk lagi jika
ternyata pembicaranya belum membaca disertasi itu secara lengkap, bagaimana
dia memahami dan bisa membedah secara tuntas dan baik apalagi tanpa
kehadiran penulisnya kalau tidak memiliki atau membaca secara lengkap?

Mudah-mudahan obrolan kita sekarang ini membuat kita semakin memahami bahwa
Islam mengajarkan akhlak terhadap berbagai hal, akhlak pada Allah, akhlak
pada sesama manusia, dll. Acara bedah buku ada etikanya, ini kan bagian dari
akhlak ke sesama manusia, bagaimana kita menghargai usaha keras seseorang
untuk menghasilkan disertasi dan bagaimana kita mengkritisi disertasi itu
sesuai dengan etika yang ada.

salam
Aisha
----------
From: <[EMAIL PROTECTED]>
> Lagian yg dibahas itu disertasi yg belum dipublikasikan dalam bentuk
> jurnal atau dikemas dalam bentuk buku. Teman insist dapat draft lengkapnya
> dari mana? Admin iain gampang uyah kasih copian disertasi?
>
> Enak dong buat dicontek? Diupload aja sekalian gratis di wenya insist.
> Pasti banyak yg mengunduh.

Milis Keluarga Sejahtera mailto:[EMAIL PROTECTED]
Milis Anak Muda Islam mailto:[EMAIL PROTECTED]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: