Tanggung jawab moral pribadi nggak bisa diundang-undangkan. Tapi bisa
dengan berbagai cara yang lebih menjangkau ketimbang kekakuan undang2
positip, artinya jangkauannya jauh lebih mendalam. Misalnya melalui
pelatihan, pengajian, ceramah, capacity building, wirausaha sosial,
etika bisnis, standar profesi, pay it forward, milis, unit keluarga
dll - tolong temen2 sebutkan di sini.  Ungkapan dan bentuknya bisa
beragam, tapi punya common denominator: ACTION.

Yang berikut ini yang saya sudah lakukan berkenaan dengan BBM:
- sejak tahun 2004 selalu pake pertamax.
- di rumah nggak ada ac.
- sabtu minggu bersepeda untuk berbagai keperluan, kadang bike to
work di hari kerja tapi karena diomelin dan dikuatirin, jadi berhenti.
- mengundang kolega/tetangga untuk sharing mobil berangkat dan pulang
kerja.  tapi kadang mereka kapok dengan joke saya: bagi-bagi dosa
berpolusi..:-(
- melakukan kegiatan di energi terbarukan.  tujuan jangka pendek
memberdayakan masyarakat miskin dan recycling, tujuan jangka panjang
supaya di masa depan nanti terbentuk portfolio energi yang bukan
dikendalikan mafia kapitalis, tapi cluster2 ekonomi menengah kecil.
- rajin nanam pohon dimana bisa, ini untuk simpanan energi terbarukan.

apalagi ya, apakah kawan2 bisa sharing?

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Wikan Danar Sunindyo"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kok mbak lina masih percaya sama tanggung jawab moral sih?
> menurut saya, sebagian besar rakyat indonesia itu udah nggak punya
> tanggung jawab moral
> yang masih punya itu pencilan dari komunitas yang besar
>
> mau dibikin aturan gimanapun kayaknya masih susah buat
enforcementnya
> contohnya aja kpk ... DPR udah bikin UU pemberantasan korupsi
> eh, sekarang giliran DPR diobok2 sama KPK, DPR-nya mengeluarkan
wacana
> pembubaran KPK
>
> lagian kalau bikin UU tentang pembatasan penggunaan BBM bersubsidi,
> paling2 10 tahun lagi juga belum kelar tuh UU
> cape deh ...
>
> salam,
> --
> wikan