Mbak Khadija,

Memang banyak yang menggunakan hasil akhir sebagai tolok ukur
keberhasilan suatu usaha. Padahal, di sisi Allah, process bagaimana
seseorang melakukan sesuatu itu justru yang akan dihisab, diberi pahala
atau dosa. Sedangkan hasil, itu kan Allah yang berhak dan bisa
menentukan.

Karena berorientasi kepada hasil, maka - saya rasa - mas Sunny kemudian
mengatakan bahwa investment itu sia-sia. Kalau berorientasi kepada
hasil, memang benar banyak orang-orang yang sudah mengaji, ikut ESQ,
ikut muhasabah dan sebagainya, tetapi begitu kembali ke kehidupannya
sehari-hari, seakan tidak ada "bekas/atsar"nya. Biarpun tidak sedikit
saya mengenal orang yang mengalami perubahan luar biasa setelah
mengikuti acara-acara seperti ini.

Saya tidak membela mas Sunny, lho mbak. Saya hanya menduga bahwa dasar
pemikiran beliau adalah karena "berorientasi kepada hasil" tadi, dan
merefer kepada hasil yang kebetulan kurang memuaskan.

Tapi, saya setuju dengan mas Rizal. Mas Sunny seharusnya lebih halus
dalam mengomentari undangan di bawah. Email sebelumnya terlalu kasar.
Tapi saya salut kepada mbak Khadija, tidak marah-marah dan bahkan
menjelaskan lagi dengan arif. Maklum mbak, di WM ini ada yang begitu
"diserang" langsung marah-marah hehehehe... Maaf kalau ada yang
tersinggung...

Wallahua'lam bishowab.
Wassalaam,
-Ning