  From: wawan wawan
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, August 07, 2008 5:10 PM
  Subject: Re: kuram dan bayi was Re: Bls: Bls: [wanita-muslimah] Mengapa Pria
Selingkuh?

  sebenernya dah anggap selesai ini masalah tahnik,
  krn yg di diskusikan dah melenceng.
  mana ada contoh kurma nya dimakan si bayi , spt yg arcon bilang ?
  apalagi   "Tahnik itu kan maknanya 'memberi selamat, menyambut bayi yg baru
  lahir -pendewasaan'.

  *"Pengertian tahnik secara bahasa dan syr'i adalah mengunyah sesuatu dan
  meletakkanya di mulut bayi. *
  *Maka dikatakan engkau mentahnik bayi, jika engkau mengunyah kurma kemudian
  menggosokkannya di langit-langit mulut bayi"*

  Berkata Imam Al-Aini dalam Umdatul Qari : "Bila engkau bertanya apa hikmah
  tahnik? Aku jawab : Berkata sebagian mereka : Tahnik dilakukan sebagai
  latihan makan bagi bayi hingga ia kuat. *Sungguh aneh ucapan ini dan betapa
  lemahnya . dimana letaknya waktu makan bagi bayi dibanding waktu tahnik yang
  dilakukan ketika anak baru dilahirkan, sedangkan secara umum anak baru dapat
  makan-makanan setelah berusia kurang lebih dua tahun.
  *

http://alqiyamah.wordpress.com/2008/06/16/tahnik-bayi-dan-kandungan-mukjizat-nabi/