From: "Ana Siti Nurhasanah" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Sun, 7 Sep 2008 05:22:09
To: <[EMAIL PROTECTED]>; <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Subject: [wanita-muslimah] Tanya Perceraian dan komunitas Kerajaan Eden

Ass. Wr. Wb.

Saya memiliki teman yang sudah berkeluarga. Sebut saja si X. Si X ini
memiliki 1 istri dan 2 orang anak dan duduk di kelas 7 dan kelas 4, serta
sudah menikah selama 17 tahun. Si X pernah bilang ke saya bahwa istrinya
sekarang sudah menjadi anggota di komunitas Eden pimpinan Lia Aminudin.
Sudah berkali-kali diberi nasehat agar tidak kesana tapi selalu gagal.
Terakhir istri si X bilang:

"Keyakinan seseorang itu tidak boleh diadili oleh siapa pun. Karena
keyakinan milik pribadi (hak asasi) masing-masing orang!"

Saat ini istri si X sudah 3 bulan jarang pulang ke rumah. Paling-paling
hanya sebulan sekali untuk nengokin anak-anaknya. Tapi komunikasi via HP
masih terus berjalan setiap hari, baik kepada si X maupun anak-anaknya. Si X
bingung apa lagi yang harus dia lakukan untuk mengingatkan istrinya. Sejak
bulan Maret 2008 yang lalu sang istri sudah aktif di komunitas tersebut dan
3 bulan terakhir sudah menetap di sana, pulang hanya 1x dalam sebulan.

Si X pernah nanya ke saya apakah dia boleh menceraikan istrinya? Saya
katakan bahwa saya belum tahu jawabannya karena saya sendiri belum
berkeluarga. Adakah rekan-rekan di milis ini yang dapat membantu si X untuk
memberikan langkah apa yang harus dia lakukan? Kalau bercerai, dia sangat
sayang pada kedua anaknya dan kasihan pada anak-anaknya jika ditinggalkan
ibunya. Tapi sang istri sudah pernah mengatakan bahwa anak-anak sudah
diserahkan ke si X agar dijaga dan dirawat. Si X sendiri nggak mau
anak-anaknya terpengaruh ajaran Eden yang dibawa istrinya.

Mohon arahan dari anggota milis atas pertanyaan si X, termasuk juga
dalil-dalil yang mendukungnya. Saya sangat prihatin atas persoalan yang
menimpa si X teman saya itu. Oh ya, saya kenal keluarga si X sudah 2 tahun
yang lalu.

Semoga berkenan dan saya menghaturkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas
bantuan para anggota milis.

Wass. Wr. Wb.

Ana S. Nurhasanah