From: "L.Meilany" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Mon, 29 Sep 2008 15:21:47
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Subject: Re: [wanita-muslimah] Udang sebelum dimasak disiram ARAK (tidak bikin
mabok), halalkah?

Nimbrung :
Bersiasat terhadap yg haram adalah haram :-)
Batas alkohol yg ditolerir MUI adalah <1%
Sedangkan kandungan wine adalah 9-18%.

Gimana pengertian 'menguap' seumpama masak tape ketan,
bikin kolak tape singkong [ bukan dari peuyeum] apakah pastinya alkohol 'bisa'
menguap?
Kan masih ada bekasnya, sudah bercampur sebelumnya.

Kalo memang pake wine yg tidak halal diresepnya lebih baik diganti dengan jus
apel tanpa gula.
Ini sebagai bahan pengganti yg halal.
Kalo untuk kue yg biasa pake rhum maka diganti dengan vanili

Salam,
l.meilany