1. Saya menyesuaikan dengan subyeknya : ......halalkah?
Setahu saya 'standar' halal itu mengacu pada putusan LPPOM MUI.
Misalnya saja ayam bakar wong solo itu mengklaim sepihak bahwa resto,
makanannya halal.
Padahal kalo menurut LPPOM MUI; resto ayam bakar wong solo itu belum halal.
Banyak juga jualan2 kaki lima yg mengklaim bahwa jualannya halal.
Pengertiannya cuma tidak sekedar mengandung daging/minyak babi.
Padahal 'standar' halal dan baik [ satu kesatuan] LPPOM MUI lebih dari itu.

2. Di milis tetangga yg menyoal masalah halal juga masih banyak polemik.
Antara pengertian obat, makanan suplemen [ untuk kesehatan]
Kalo yg dinamakan obat setahu saya adalah suatu produk penyembuh yg sudah
melalui uji klinis akan
kemustajabannya. Sedangkan yg dinamakan ' katanya penyembuh, obat, suplemen
kesehatan'
tidak lebih dari hasil testimoni, pengalaman individu yg tidak bisa begitu saja
digeneralisir untuk
bisa di diterima manfaatnya oleh khalayak ramai
Banyak di indonesia [ dari literatur, milis] penderita penyakit hati, ginjal
karena konsumsi miras.
Tapi banyak juga yg seumur hidup bermiras ria, minum jamu sehat wal afiat
sampai maut memanggil.

3. Kalopun ada orang islam yg gemar bermiras itu kan hak pribadinya, tapi kalo
ditanyakan itu halal atau tidak
ya coba cari tahu dan tanyakan pada dirinya sendiri, pada nuraninya :-)
Dan sebaiknya gak membuat setori, ngomporin orang islam lainnya supaya bermiras.
Diam2 saja kalo mau bermiras seperti penyair Sutarji, baru on kalo dah nenggak
miras beberapa botol.

4. Kosakata, idiom halal itu kan orang Islam punya. Apakah Catherine Zeta Jones
itu islam?
Lagi pula sepanjang alkohol [ dalam miras misalnya] tidak dimakan diminum ya
gak knapa knapa.
Halal yg dimaksud disini adalah yg ditelan/bercampur- makanan minuman; bukankah
begitu.
Orang2 yg berkarib di RS kan akrab dengan alkohol, ya ndak knapa2. :-))

5. Hanamasa yg punya Erick Tohir petinggi Republika, TV One itu kan duluuuuunya
mengklaim halal; lantas ditegor
MUI - jangan menyesatkan gitulah kira2nya. Sekarang klaim 'halal' itu nggak ada
lagi.
Padahal yg di nilai belum halal karena memakai saus celup mirin.
Jadi kalo memang keukeuh gak mau bermiras ria ya jangan pake saus pencelupnya
:-) jika ngidam makan disana.
Begitulah yg saya lakukan jika ditraktir di Hanamasa atau di Hokben [ cuma
milih gorengan].
Haramnya miras, mirin, angciu kan gak kayak babi jadi sebenernya gak perlu
parno pake mencuci 7 x alat masaknya :-)
Nasi goreng kakilima, abang2 itu juga belum halal karena masih banyak yg
memakai angciu.
Dan banyak umat islam komunitas-penggiat halal ogah pake angciu hanya bilang ke
penjual nasgor- jangan pake ini jangan pake itu -
sambil menunjuk deretan botol
:-)

Salam,
l.meilany