Makanya, aku nanya mbak rama soal konsep "kebangsaan"
Ketika kita bilang "bangsa Indonesia", maknanya apa?
Bukan saja sejarah identitas kebangsaan kita pada masa lalu,
tapi gimana generasi sekarang memaknai identitas kebangsaan itu.

Persoalan kisruh ini itu sekarang kan banyak mengacu pada persoalan
identitas.
Termasuk identitas muslim :-)

Kalau kata orang kanada, ini adalah persoalan si tomat dalam mangkuk salad.
Si tomat, bersama teman2nya yg lain ---ada timun, selada, bawang bombay,
paprika, olive oil, lemon dan garam dll nyampur jadi satu menjadi rasa
salad. Si tomat berkontribusi nyemplung di mangkuk salad, memberikan
sumbangsih rasa tomatnya di mangkuk milik bersama, bersatu padu membentuk
rasa salad. Tapi di sisi yg sama, dia tetaplah.... si tomat
:-) Persoalannya, gimana si tomat tetap menjadi bagian dari alam semesta
mangkuk salad, dan pada saat yang sama, tetap memiliki identitasnya sebagai
bagian dari keluarga tomat :-)

Mudah2an bisa dipahami.
Paling enak bikin perumpamaan ma makanan hehehe..

Salam lapar belum makan siang...:-)
Herni