Yoga itu tradisi yang tua sekali, lebih dari 5000an tahun.  Muasalnya
yoga bukan untuk kesehatan, tapi lebih ke perjalanan psikologis,
bagaimana kedalaman diri manusia itu bisa dibedah terus, terus.

Jaman sekarang orang beryoga untuk kesehatan mental/fisik.  Ok saja
ini kan netral.  Tapi ternyata ada pintu yang makin terkuak, yaitu
bagaimana persepsi kita tentang irisan yoga dan solat, misalnya. Saya
nggak sangka ternyata pintu ini jadi kontroversial.

Bagi saya solat itu semacam bentuk yoga, dari perspektif apapun,
gerakannya, bunyiannya, konsentrasinya.  Tapi bukan artinya sama dan
sebangun, wong solat itu 'karya asli' orang Islam- dari
kesejarahannya. Itu suratan takdir.

Kalo saya bilang solat itu semacam bentuk yoga, itu mengilustrasikan
bahwa ada irisan antara kesejarahan Islam dengan lainnya, wong kita
masih di bumi kok.  Irisan itu adalah bahwa Islam mengandung nilai
universal yang mengandung pesan yang sejalan dengan agama2 lain. Dan
ini sejalan juga dengan pesan Quran sendiri bahwa nabi tidaklah
membawa agama baru.

Irisan ini mestinya nggak mengganggu warna Islam, malah mengukuhkan
kehadirannya.  Dalam hal ini solat tampil dalam nilai universal yang
artinya urunan dalam rahmatan lil alamin.

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "h.s nurbayanti"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ikutan di namarina aja mbak. khusus perempuan.
> dan banyak kelasnya, dari level amatir sampe jago.
> dari yg malu-malu sampe yg malu-maluin hihihi...
>
> olahraga cardio sama olahraga pembentukan memang harus dibarengin..
> aku paling males olahraga alat.. hehehe...
> geli aja ngebayangin cowo yg badannya melendung-melendung :P
> tapi katanya, olahraga alat juga perlu..
> karena dia selama tiga hari setelahnya, pembakaran kalori masih
terjadi..
> beda sama olahraga cardio, yg pembakarannya saat itu juga..
> dan karena badan perempuan lebih lama dibentuk dibanding cowo..
> [...]

Kirim email ke