halah Wikan, kok nggak inget sih.
Perempuan di daerahmu itu kan kalo kalo pake kaen suka di atas lutut. Pas ruku,
ya keliatan lah. Wali Sanga gelagepan, rOkmU itu, rOkmU itu...katanya,
maksudnya pake rok yang panjang jangan di atas lutut.
Jadilah asal usul kata ruku, dari 'rokmu' waktu lagi ruku. Nah, ada istilah
perubahan fonem dari 'rok' ke 'ruk', ...apa namanya lupa...seperti kebon-kebun,
jagong-jagung, belom-belum, dsb

:-)
salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Wikan Danar Sunindyo <wikan.da...@...>
wrote:

> kalau di tempat saya mukena lazimnya disebut rukuh
> kira2 gimana ya mbak mia asal usulnya?
> apa ada hubungannya sama ruku'?
>
> salam,
> --