Mas Mu'iz ysh,

Komentar singkat saya di bawah:

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Abdul Muiz" <mui...@...> wrote:

> Mas Suryawan ysh,
>
> meskipun dialog ahmadiyah non ahmadiyah dilakukan tidak akan mengubah
> keahmadiyaan para penganutnya maupun penganut non ahmadiyah, tetapi saya
> yakin dialog interaktif saling mengenal dan memahami di antara keduanya akan
> memunculkan empathy dan toleransi,

Setuju.

Milis adalah gelanggang untuk menyampaikan serta bertukar pendapat yang valid,
bukan tempat untuk menyebar kibulan (dusta) dan fitnah.

 > Menyimak ayat qur'an di atas untuk poin 1 pengikut nabi isa tidak dijelaskan
 > jenis kelaminnya, namun untuk poin 2,3,dan 4 adalah wanita. Tidak ada sumber
 > yang menyebutkan bahwa keempatnya meskipun menerima wahyu dari Allah
 > berpredikat sebagai Nabi.

Benar. Keterangan ayat-ayat Qur'an tersebut memberi pengertian bahwa wahyu dari
Allah tidak hanya turun kepada nabi, tetapi dapat turun kepada non-Nabi bahkan
kepada binatang, sesuai kehendak-Nya.

Jadi, wahyu Allah tidak akan pernah berhenti selama-lamanya, sebab Allah adalah
Maha Hidup, tidak pernah mati, dan Maha Berkata-kata. Oleh karena itu kalangan
yang mengatakan serta mengajarkan bahwa wahyu dari Allah telah berhenti/tidak
dapat turun lagi setelah Nabi SAW berarti telah mengebiri kekuasaan Allah Yang
Maha Hidup dan Maha Berkata-kata.

> Nah apakah Mirza Ghulam Ahmad yang diakui penganut Ahmadiyah hanya karena
> mengaku mendapatkan atau menerima wahyu lantas bisa berpredikat Nabi ??.

Tidak. Turunnya wahyu kepada seseorang tidak otomatis menjadikannya berpredikat
nabi. Mirza Ghulam Ahmad saya akui/imani sebagai nabi karena ia menyatakan
bahwa dirinya adalah nabi/rasul/utusan Allah, yang diperintah oleh Allah untuk
menyatakan bahwa dirinya adalah nabi/rasul/utusan Allah.

> Katakanlah Mirza ghulam Ahmad tidak pernah meminta diangkat menjadi nabi,
> tetapi apakah ukurannya atau kriterinaya sehingga Mirza Ghulam Ahmad
> berpredikat Nabi ??

Ya, memang ia tidak pernah meminta diangkat menjadi nabi.

Ciri-ciri nabi banyak ditemukan dalam al-Qur'an, beberapa saya rangkum adalah
bahwa ia diperintah oleh Allah untuk menyatakan dirinya adalah nabi dan
utusan-Nya. Ia mengajak manusia untuk menyembah dan kembali kepada Allah Ta'ala
One True God serta mengajarkan agar manusia meninggalkan tuhan-tuhan palsu. Ia
menghormati, mengimani dan mengakui nabi-nabi sebelumnya. Ia banyak menerima
wahyu yang bersifat nubuat, yang tergenapi semasa hidupnya atau setelahnya. Ia
membawa kabar suka dan peringatan. Ia bukan orang asing, melainkan berasal dari
kaumnya sendiri. Ia diolok-olok, dimusuhi secara sistematis dan dianggap orang
gila. dll.

> [...]
> melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka
> tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada
> mengetahui".
> (4) QS 21:25, "Dan Kami tidak mengutus seorang rasul sebelum kamu, melainkan
> Kami wahyukan kepadanya: Bahwasanya tidak ada Ilah (yang hak) melainkan Aku,
> maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku".
> (5) QS 39:65, "Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada
> (nabi-nabi) sebelummu: Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapus
> amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi".

Kata-kata "sebelum kamu" menegaskan bahwa One True God yang sama yang telah
mengutus nabi-nabi sebelum kamu (Muhammad SAW), ketika Rasulullah SAW
mendakwahkan kenabiannya kepada kaumnya.

> Nah bisakah mas Suryawan menunjukkan ayat-ayat qur'an yang membahas wahyu
> kenabian itu akan datang sesudah Nabi Muhammad ??

QS. 42:51-53

> c) Terminologi "nabi" adalah khas bangsa schmit, baik Yahudi, Nasrani maupun
> Islam tokoh nabi yang muncul adalah nabi-nabi yang berasal dari bangsa schmit
> ini adalah fakta sejarah. Apakah Mirza Ghulam Ahmad yang berasal dari Asia
> Selatan (india/pakistan) mengaku menjadi Nabi bukan sebagai hal yang latah ??

Anda tidak konsisten. Anda katakan term "nabi" khas ada pada bangsa Semit, yang
beragama Yahudi, Kristen maupun Islam kemudian Anda sandingkan dengan
India/Pakistan. Saya ingin tanya, jika bangsa India/Pakistan beragama Yahudi,
Kristen atau Islam, apakah boleh menggunakan term "nabi"?

> Pertanyaanya bisa berkembang apakah berarti Tuhan pilih kasih hanya
> menurunkan nabi di timur tengah saja ?? dari keturunan bangsa schmit saja ??

Tidak.

Al-Qur'an menyatakan Allah Ta'ala menurunkan nabi ke berbagai macam kaum. Ada
nabi yang disebut namanya dalam Qur'an, ada yang tidak.

> d) tazkirah adalah kumpulan wahyu yang diterima Mirza Ghulam Ahmad, bukan
> kitab suci, menurut Mas Suryawan kitab suci Jamaah Ahmadiyah adalah Al
> qur'an.

YA.

> Apakah bahasa wahyu yang dipakai Mirza Ghulam Ahmad ? bahasa india atau arab
> ?

Tidak ada wahyu yang dipakai, adanya wahyu yang diterima. Wahyu yang
diterimanya ada dalam bahasa Urdu dan Arab.

> dan apakah definisi kitab suci menurut Ahmadiyah ??

Saya tidak tahu kalau menurut Ahmadiyah. Menurut saya yang mempelajari Islam
dalam Ahmadiyah, kitab suci adalah kitab yang berisi syari'at/aturan/hukum yang
bisa mencerahkan serta mensucikan rohani manusia sehingga membawa manusia
mengenal, berjalan, berlari menuju Allah Ta'ala One True God, dan Allah ridha
kepadanya.

Salaam,
MAS