Bicara fakta di sini artinya gimana pemahaman kita atas tafsir kitab suci kan?

Mungkin ada yang bisa mengutipkan semua ayat2 mengenai Balqis & Sulaiman dari
Quran.

Sepengertian saya Quran bukan mengimplikasikan menang-kalah antara
Balqis-Sulaiman, tapi:
- Balqis diceritakan sebagai Ratu yang adil bijaksana, dengan kursi tahtanya
yang disebut Arsy.

- Kebijaksanaan Balqis terletak pada wawasannya yang luas dan compatible dengan
Sulaiman. Dia nggak menurutin beberapa penasihatnya yang menyarankan memerangi
Sulaiman, karena kerajaan Balqis bisa melakukan itu.  Balqis mengenali karakter
Sulaiman yang kompatibel dengan wawasannya, yaitu plural, progressif high tech
tapi mengerti keharmonisan alam, dan sangat beda dengan raja2 Yahudi lainnya
yang hobi perang fisik. Lebih dari itu Balqis memahami perubahan jaman, dimana
bangsa Yahudi pada waktu itu mempunyai pemimpin2 masa depan yang progressif,
dengan pemahaman monoteism mereka.

- Perubahan jaman pada waktu itu adalah agama kuno (natura-panteism, lihat saja
filem Avatar), yang sarat dengan feminism - digantikan dengan monoteisme Yahudi
yang lebih berbudaya maskulin. Balqis mengerti ini, tapi bukan berarti Sulaiman
memaksa kerajaan Balqis memeluk agama Yahudi loh.  Quran nggak menceritakan itu.

Kalo sekedar Balqis yang perempuan kalah dengan Sulaiman yang laki2, itu
terlalu sempit, bahkan kalau kita bicara ttg fakta yang mentah.  Kerajaan
Sulaiman memang meliputi kerajaan2 lain yang rajanya laki2 juga, pastilah
banyak.

Akhirnya, janganlah mereduksi kisah Balqis-Sulaiman sebagai pertentangan
dikotomis antara kekuatan laki-laki dan perempuan, apalagi secara fisik materi
- karena itu akan membuat kita bias terhadap pengertian yang lebih mencerahkan.

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, 4N17R4 UP4ND4 H4F45 <nitra_ha...@...>
wrote:

 > Seorang pemimpin tertinggi kaum muslimin sangat logis jadi ranah mutlak
 > seorang laki2 karena sifat dasar perempuan tidak memungkinkan secara fitroh
 > untuk bisa berada di garda terdepan kalau diharuskan qital atau perang
 > terbuka / fisik.
> Kalaupun ada alasan bahwa jaman sekarang perang fisik memungkin seorang
> pemimpin duduk di belakang meja dengan hanya memegang tombol kendali dan
> tidak perlu harus menghunus pedang menghadapi musuh, itu juga bisa
> dimentahkan. Karena tidak masuk akal apabila dari kalangan laki2 tidak ada
> yang lebih mampu dari dia.

> [...]

Kirim email ke