On 07/23/2010 04:37 PM, F e r o n a wrote:

> Sebenarnya hakikat mandi junub itu apa ya gerangan? Mandi dalam rangka
> membersihkan diri secara total atau sekedar ritual?

Jawab : Ritual untuk membersihkan diri.

> Mandi bila bertujuan membersihkan diri dari ujung rambut sampai ujung
> kepala, maka rambut diikat atau dikepang atau disanggul, harus dibuka dan
> dikeramas bersih. Untuk yg berambut panjang, keramas tiap hari itu agak
> menyulitkan dan boros shampo, jadi biasanya keramas itu dua hari sekali.
> Karena habis keramas, gak bisa cuma membiarkan rambut basah tergerai begitu
> saja. Apalagi yang harus berjilbab, rambut basah harus dikeringkan dulu baru
> aman dipakaikan jilbab.

Jawab : Cara mandi tiap-tiap budaya berbeda. bangsa Indian cihua hua
yang hidup di wilayah gurun dengan supply air minim, mandi dengan cara
dilap saja, kalo cebok mungkin cukup dengan dioles dengan batu atau
daun-daunan, tapi setelah itu daunnya tidak boleh dilalap karena bisa
menyebabkan huru-hara. Orang banjarmasin, samarinda, pontianak yang
hidup di sepanjang sungai. Jangankan mandi junub, habis BAB (baca berak)
langsung ambyur masuk ke sungai bukan cuma pantat yang bersih, jidat pun
ikut bersih. Untuk wilayah arab dengan sedikitnya supply air, cukuplah
mengusap serban/kerudung .... tapi ya 'anunya' harus tetep dicuci
bersih, bisa pakai tissue refreshment atau handuk basah (bisa dengan
cara diberi uap air, agar hemat air).

> Nah kalo mandi junubnya terpaksa tiap hari, kondisi yg saya ceritakan di
> atas jadi bikin agak ribet. Jadi bisa dipermudah dengan bila memang
> rambutnya masih bersih dan wangi, untuk bagian rambut tidak perlu dikeramas
> total, melainkan cukup diusap dengan air saja. Mungkin begitu.

Jawab : kali ini anda menafsir dengan benar, hadiahnya tiket berlibur ke
bali untuk tiga orang, tapi maaf ambil sendiri di densus 88

> Saya ndak pernah berumit-rumit dalam hal seperti ini. Bila bisa keramas
> total, ya keramas. Bila susah, cukup basuh saja. Allah Maha Tahu apa yang
> ada di hati kita, niat kita mandi junub, namun keadaan menyulitkan. Jadi
> lakukan alternatif prosedur lainnya, yang penting kita niat untuk mandi
> junub. Mungkin ini salah, kalau salah ndak usah diikutin ya. Karena kalau
> saya, selalu yakin Allah itu Maha Pemaklum dan Maha Tahu...

jawab : saya kalo soal mandi juga tidak rumit, kalo urusan yang
menyebabkan mandi junub itu memang sedikit rumit, karena biaya jadi
mahal, soalnya saya harus pulang dulu naik pesawat, kalo naik bis bisa
ndak sabar dan akhirnya pikiran kacau, jiwa terguncang, tubuh demam dan
gatal-gatal, belum lagi dering telpon pasti banyak dan biaya pulsa naik
drastis

sesungguhnya umat terbaik adalah yang ditengah-tengah, antara sering
junub dan jarang junub.

wassalam
./sts

<*> Your email settings: