x1123 <x1...@.--------------bismilahirrahmanirrahiim.

Mari kita pelajari ayat ALLAH ini;
"Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia,
tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Dan mereka bertanya kepadamu
apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan." Demikianlah
Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir, QS.2:219

Dari ayat diatasitu ALLAH juga menerangkan bahwa ada manfaatnya
minum alkohol itu.......

Jadi tdk absolute haram.Akan haram  arak itu kalau di minum terlalu
banyak....akan merusak otak dan kesehatan...

begitu juga makan nasi yg dihalalkan, kalau makan banyak akan merusak
perut dan kesehatan,hukumnya adalah haram----tapi kalau sedikit
nasi itu akan bermanfaat bagi kesehatan.

Jadi ulama2 menjelaskan kpd anak2 jangan minum alkohol itu,
karena anak2 belum tahu cara mengontrol nafsunya..

bagi orang2 yang bisa mengontrl nafsunya, minum alkohol itu
sangat bermanfaat bagi kelancaran darah dan menghangatkan tubuh ,ter
utama orang2 yg tinggal di negeri2 dingin (eropah.)

Sekali lagi, saya jelaskan dari pemahman Islam berpikir maju(Liberal)
dlm menafsirkan peraturan2 ALLAH hendaklah dengan ilmu, lihat kondisinya, lihat
kpd siapa ditujukan dakwah itu,apakah kpd anak2 atau kpd orang dewasa...

dgn demikian peraturan2 ALLAH itu,tidak kelihatan sombrono, haruslah
professional...indah dan tidak keterlaluan.Outrage dll

salam
SELAMAT MENUNAIKAN PUASA, MOHON MAFAA LAHIR DAN BATHIN

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, ..> wrote:

> Pak ustadz,
>
> ini topik amat lama ya, menurutku yang diharamkan itu "Mabuk". Aku
> sendiri suka bingung, apa sih pada hari ini yang termasuk "khamr".
> Seberapa besar sebenarnya kadar "alcohol" masih bisa dlam ambang batas
> ketahanan manusia. Dalam percobaan tsb, beberapa cacing memang bisa
> bertahan dalam air, saya kira cacing bila direndem dalam coca cola,
> sprite juga akan mati. Tapi beberapa cacing bahkan kodok tidak sanggup
> kalo berendem terlalu lama. Coba test apakah cacing bisa bertahan
> direndem santen, air kelapa, minyak goreng :D

> [...]

Kirim email ke