Assalamu'alaikum mas  Yanto ,
Kalau dilihat  dari anggaran PLN , hampir  60% anggaran biaya produksi
mereka adalah untuk membeli BBM . Padahal BBM semakin mahal , disubsidi dan
bahkan harga listriknya pun harus disubsidi juga .
Karena  listrik adalah energi yang mempunyai nilai strategis pada keadaan
ekonomi , pembangunan dan bahkan ketahanan nasional , maka ketergantungan
listrik pada  BBM harus dikurangi sebanyak-banyaknya .
Kekurangan daya listrik  yang saat ini dirasakan oleh kita semua , adalah
karena kita terlambat mengadakan revisi program (rescue) , sehingga
pembangunan pembangkit listrik tertunda selama 3-4 tahun dan ..
sialnya ,  PLN malahan impor generator yang menggunakan  solar (BBM) .
Mas Yanto , dengan dihapuskannya subsidi  BBM , artinya harga BBM akan
menjadi tinggi dan energi alternatif berpeluang untuk dikembangkan .
Jadi , kalau kita memikirkan penghematan BBM hanya terfokus pada  masalah
BBM  untuk kendaraan (traffic problem) yang lebih bersifat individual (bisa
dengan penghematan) , tetapi kalau memikirkan penghematan BBM untuk  listrik
bisa berdampak lebih luas dan bersifat strategis .
Gitu , mas Yanto ,.... Mau ikutan nggak ke Bali  ??
Wassalam ,
Priyo ,