> Nyambung konfirmasi mas Priyo, Pindad saat ini telah membuat pabrik
pengolah
kelapa sawit berupa pabrik CPO dan pabrik minyak goreng untuk skala kecil
dan skala menengah, hasil kerjasama dengan Malaysia. Maunya sih demi Bangsa
dan Negara untuk pasar kecil perkebunan rakyat atau Gabungan koperasi.
Masalahnya buat kami2 di pabrikan kadang bahkan sering terkendala mBuat
produk itu sulit tapi lebih sulit nJual produknya.
> Wss, Harri Tri

Pak Hari Tri, skala kecil itu berapa kapasitasnya. Kurang lebih cukup untuk
menampung hasil panen berapa hektar per minggu. Di kampung saya perkebunan
rakyat banyak sekali, termasuk juga kami sendiri. Ada yang sudah pernah
bangun di daerah Padang Lawas, setelah Rantau Prapat kalau dari Medan, anak
TK-75 ITB, namanya Pak Nirwan Harahap. Tapi saya dengar sekarang malah
pabriknya nggak jalan, karena cash flow kurang lancar.

Saya sempat bicara-bicara dengan beberapa kawan untuk mengaktifkan kembali
pabrik tersebut, tapi kelihatannya agak jauh dari lokasi kebun kampung
kami. Selama ini orang di sana sangat tergantung sama pembeli TBS dari
pabrik besar, yang kadangkala datang kadangkala tidak, sehingga banyak TBS
yang busuk. Oleh karena itu, kalau feasible untuk yang kecil-kecil seperti
Mas Hari katakan, mungkin kami tertarik juga.

Bagaimana kalau kita bicarakan lebih lanjut Mas ? Apa boleh saya hubungi
Mas Hari di Japri atau di Kantor ?

Wassalam,

Ongku P. Hasibuan