Assalamu'alaikum  Dimas  Harri Tri ,
Saya pernah hubungan dengan teman saya , Ir.Bambang Anggoro , memang dari
penjelasan beliau , PINDAD  sudah mulai menggarap sektor ini . Kalau nggak
salah , boiler nya ..Tapi untuk manufactur keseluruhan , belum bisa , harus
diintegrasikan dengan pabrik lain . Persoalanya ,  Quality  Assurance , ...
siapa  yang menjamin  pabrik CPO ini secara keseluruhan .
Saya juga pernah hubungi PT Timah Industri , Bp.Ir. Ari Fauzi , mereka sudah
bisa  membuat sebagian besar  peralatan pabrik CPO , diantaranya juga joint
dengan  PINDAD , tetapi mereka bisa memberikan  QA .
Kelihatannya , kita perlu sinergy kan  semua kemampuan bangsa , sehingga
tidak membuang devisa untuk beli peralatan dari LN . Dan khusus untuk  CPO ,
kita memang masih harus belajar dari Malaysia .
Dimas Harri Tri , kalau berminat serius , saya mendapat peluang untuk
membangun PKS di Sumatera Barat , kapasitas  2X15 TPH , di Pasaman ,
Sijunjung  dan  Sawahlunto .
Kita  sudah mendapat penawaran dari RRC , harganya sekitar  55BRp.
Apakah kita sudah bisa membuat dengan harga lebih murah  ??
Wassalam ,
Priyo  , A.7200059