Koni, WCDS,
Bukan hanya jarang ngomong, tetapi memang belum pernah !
Lha, buka milis ini baru terjadi baru-baru ini, karena masalah teknis!
Banyak info yang saya terlambat membacanya. Bayangin saja untuk buka message
l.k. 400 bh berapa lama waktu yg dibutuhkan, lebih-lebih kalau tidak pakai
Outlook. Ini semua akibat saya sudah sejak akhir 2002 tidak pernah buka
Yahoo saya yg tidak bisa dibuka dng Outlook, plus password nya sempat hilang
dan harus di recover dulu..
Orang lain sudah membahas masalah "Management" tingkat tinggi atau "Data
Base" dan konsep-konsep "Organizational Development", saya malah masih sibuk
membaca message yang penuh dengan duplikatnya. Saya terus terang belum bisa
memberikan komentar, masih belum "completely IN" dengan atmosfir Yon I kita
saat ini, masih banyak yang perlu saya ikuti apa sebenarnya topik yang
crusial. Maklumlah ekek tua seperti saya ini, agak telmi.

Kalau kita ikuti rule of the game dalam menulis milis ini seperti yang
dianjurkan oleh moderatornya, mungkin kita bisa lebih efisien/efektif
membacanya. Saya melihat banyak sekali duplikat yang tidak perlu yg kalau
penulisnya mau rajin mengedit jawabannya, akan lebih singkat dan lebih enak
dibaca. Alangkah baiknya kalau kita mau lebih efisien/efektif , mulai dng yg
kecil-kecil seperti ini. Saya pernah terlibat dalam suatu project management
system, dimana team (orang-orangnya) berada diseluruh dunia secara global
dan bertemu hanya 6 bulan sekali, jadi team ini berada dalam "virtual
environment". Salah satu hal yang menarik dalam berkomunikasi adalah dengan
milis yang dituliskan secara sangat singkat tetapi jelas (clear and
concise ) dan hasil akhirnya tercapai dengan sukses. Dan tentunya ini juga
berkat leader nya yang secara piawai memoderasi
seluruh korespondensi yg ditulis dgn penuh tanggung jawab.

Kepada rekan-rekan yang telah banyak menyumbangkan saran dan idea nya yg
pada umumnya cukup briliant dan jernih, saya ingin menyampaikan salut saya,
karena saya jadi banyak belajar dari anda-anda. Mudah-mudahan idea-idea tsb
akan cepat mengkristal dan akan membantu memecahkan masalah Yon I.

Salam WCDS,  Sofyan.