On Mon, 8 Sep 2003 10:51:31 +0700
"(kelsri)Sofyan E. Alwie" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kalau kita ikuti rule of the game dalam menulis milis ini seperti yang
> dianjurkan oleh moderatornya, mungkin kita bisa lebih efisien/efektif
> membacanya.

Kalau sudah "terlewat" banyak, lebih enak membaca lewat online arsip
(http://yonsatu.mahawarman.net), krn messagenya tersusun secara
threading mode. Memang sih lebih enak baca lewat email client (tampilan
messages di email client saya mirip dg tampilan online arsip), krn bisa
memanfaatkan Threading features lebih jauh, misalkan kita bisa tandai
thread (subject/topic) yg tidak diminati, maka begitu message dg subject
tsb masuk di mailbox kita otomatis ter flag "read" dst.

> Saya melihat banyak sekali duplikat yang tidak perlu yg
> kalau penulisnya mau rajin mengedit jawabannya, akan lebih singkat dan
> lebih enak dibaca. Alangkah baiknya kalau kita mau lebih
> efisien/efektif , mulai dng yg kecil-kecil seperti ini.

:-)
Saya sih bisa maklumlah Pak, kan tidak semua email client yg digunakan
oleh para member mengikuti standard dari Internet Engineering Task Force
(also known as RFC document).
Banyak juga para member yg jaman mudanya dulu tidak mengenal email dan
saat bekerjapun tidak mengenal email; dalam usia yg sekarang masih mau
belajar menggunakan internet/email dan mau posting sudah sangat
dihargai, coba lihat misalkan Pak Edibowo yg mau bersusah payah belajar
dari anaknya (bravo Pak Edi!).
Celemotan sedikit sana sini cingcai-cingcai ajalah :-))))))

Milis alumni itu memang sedikit berbeda dg Milis "teknis" atau
"internal", banyak member menggunakan free public mail yg sering tidak
reliable, limited quota bahkan terkadang lama tidak diakses sehingga
banyak terjadi bouncing. Kalau kita menggunakan free public list server
misalkan yahoogroups.com, topica.com dan lain-2x, maka bouncing member
akan otomatis di unsubscribe atau setidaknya di hold membershipnya.
Milis kita menggunakan policy yg berbeda, bouncing member otomatis di
flag as vacation member (dan secara reguler dikembalikan ke normal
member, jika saya nggak lupa <g>).

Milis ini lokasinya di Indonesia (ada di Telkom Jakarta), sehingga kita
tidak membuang devisa negara sekalipun banyak-2x posting disini (koneksi
antar ISP di Indonesia adalah 100 MBps dan free to use untuk semua ISP
nasional, sementara koneksi keluar Indonesia besarnya tergantung
bandwidth ISP nasional masing-2x; para ISP itu harus membayar ke
Upstream ComProvider mereka berdasarkan MB download, artinya makin
banyak/besar incoming message/data yg masuk maka mereka harus membayar
lebih banyak = bayar devisa lebih banyak).
Jika saja banyak Internet user di Indonesia sadar akan hal ini dan mau
berhemat devisa, maka biaya operasi ISP-2x nasional kita akan jadi lebih
rendah, shg suatu saat nanti ISP akan bisa menurunkan biaya berlangganan
ke semua usernya.

Syafril Hermansyah