On  Tue, 9 Sep 2003 09:04:47 +0700  Sofyan Effendy  wrote :

>Pagi ini saya membaca berita di Kompas halaman 15, bahwa pihak Pertamina
>menyesalkan pihak ExxonMobil Cepu, karena memberikan laporan yang tidak
>jujur dalam hal biaya operarinya di lapangan Cepu. Biaya operasi tsb
>dimaksudkan untuk di klaim sebagai cost recovery yg jumlahnya sangat besar
>bagi kerugian negara kita. Kalau saya boleh bertanya sedikit kepada Pak
>Susilo sebagai anggota Tim
>Proyek Cepu, bagamana sih duduk persoalannya ? Kadang-kadang berita di
>koran tidak selalu jelas.

(PPS)
Bang Sofyan , karena mas Susilo lagi ke lapangan , mungkin belum sempat
membaca e'mail anda .
Tetapi , kalau boleh saya ikut nimbrung , .. sebagai orang pinggiran
,..(mudah2an cocok) ...
Menurut hemat saya , perusahaan sebesar Exxon tidak mungkin gegabah membuat
laporan , apalagi menyangkut keuangan yang tentu harus auditables . Pasti
semua laporan keuangan , pengeluaran serta anggarannya sudah mendapat
approval pejabat PERTAMINA , ... siapapun orangnya , dialah yang sebenarnya
bertanggungjawab untuk bisa menjelaskannya pada sahabat2 kita di BPK atau
DPR yang ikut2an mau rame2 ,..(siapa tau ada serpihan-nya , khan ....).
Saya sangat mengkhawatirkan cara kerja dilingkungan Pemerintahan yang kurang
cermat , sehingga kita bisa kejeblos2 seperti ini , .. contoh lain seperti
kasus kekalahan PERTAMINA dalam arbitrase Karaha Bodas , yang secara kasat
mata sebetulnya lapangan tersebut belum diapa-apain , ibaratnya baru dicukur
sana-sini ,.. belum sempat digali isinya ,... , tapi ya itu ,... koq bisa
kalah , kalau bukan karena kecerobohan orang2 kita sendiri ,.. Susah sekali
melawan perusahaan multi nasional yang raksasa kayak begitu , karena mereka
jelas lebih pandai dan lebih cermat daripada kita ,..Nanti kalau maju ke
arbitrase atau pengadilan , kita kalah lagi dan ujung2nya kita juga yang
mesti bayar ,....Jadi Rugi dua kali , karena mesti bayarin lawyer ,..he, he,
he, ...

>NB: boleh saya tahu alamat e-mail anda?

(PPS)
E'mailnya mas Susilo  <[EMAIL PROTECTED]> , (tulisan saya
juga saya cc. ke beliau .

. Tapi mungkin ada juga rekan-rekan Yon-I, yg cukup concern mengenai hal-hal
yg berkenaan dgn "pembodohan rakyat". Kalau berita ini benar, ini salah satu
contohnya.

(PPS)
Benar sekali , Bang Sofyan ,.. Pembodohan kelihatannya terus berlangsung ,
karena ternyata hati nurani sudah tidak ada . Mungkin para pemimpin sekarang
banyak yang sudah terlalu lama  "berpuasa" , selama Orde Baru , ,.. maka
sekarang semua sibuk  "buka puasa dengan  makan tajil " , belum makan
besarnya ,...(katanya nanti kalau boleh memimpin sekali lagi , baru makan
besoaar .
Catatan saya menunjukkan bukti perilaku pembodohan tersebut :
*) Dana cessie bank Bali yang diminta kembali oleh Jaksa ,....(dengan wajah
tanpa dosa)..
*) Kasus pembelian Sukhoi , imbal beli yang tetap minta jaminan pembayaran
pemerintah
*) Money politik dalam pemilihan Gubernur dll , yang hanya disebutkan
sebagai dana pembinaan
*) Kasus KPC dari masalah divestasi yang merupakan kewajiban dalam kontrak
akhirnya menjadi kasus ruwet , karena "pejabat Pemerintah" ikut berbisnis ,
bukan  mengatur kebijakannya .
*) Kasus BLBI yang sampai sekarang tidak bisa ditemukan siapa yang
bertanggung jawab membagi-bagikan uang trilyunan kepada para Bankir yang
juga konglomerat hitam yang samapi sekarang juga masih bebas atau disuruh
melarikan diri agar tidak buka rahasia dulu membagi2kan uangnya kepada siapa
saja ....

Bang Sofyan , pembodohan akan membuat sebagian orang terbangun dan berontak
hati nuraninya , ..  penindasan juga akan membuat sebagian orang menjadi
kuat , tahan banting dan melawan penindasnya .
Setiap tindakan negatif akan menghasilkan reaksi positif , begitu hukum alam
yang diciptakan oleh ALLA Yang Maha Agung .
Untuk merubah semua kekonyolan ini , .. kita harus punya semangat dan upaya
positif secara terus menerus . Allah SWT  Maha Mengetahui  apa yang akan
terjadi nanti . Semoga kita semua dijauhkan dari perbuatan2 tercela tersebut
  , Amien .

Salam hangat dan terimakasih atas kesempatan nimbrung nya ,..
Widya Castrena Dharma Siddha ,

Wassalam ,
Priyo PS