Contoh pembahasan dari kawan kita dibawah ini, menunjukkan bahwa dengan
berjalannya waktu dan berkembangnya ilmu pengetahuan, hal-hal yang dulu
tidak
masuk akal dan hanya orang beriman saja yang meyakininya, sekarang dapat
dijelaskan.
Apakah kita masih akan memisahkan antara agama dengan kehidupan?
Silahkan untuk merenungkannya.

MEMAHAMI AL-QUR'AN LEWAT ILMU PENGETAHUAN.
MEMAHAMI ILMU PENGETAHUAN LEWAT AL-QUR'AN.

Al-Qur'an diturunkan sejak sekitar tahun 612 - 632 Masehi. Pada waktu itu
masih jaman main kekuasaan, memperluas pengaruh kerajaan dengan jalan
perang,. Pada jaman itu yang namanya ilmu pengetahuan masih belum menjadi
perhatian orang. Banyak ayat2 al-Qur'an yang berhubungan dengan ilmu
pengetahuan tidak bisa dipahami oleh sahabat2 Nabi, tetapi mereka percaya
begitu saja. Nabi Muhammad saw pasti bisa memahami isi al-Qur'an melalui
hidayah dari Allah, tetapi beliau mengalami kesulitan untuk menjelaskan
kepada para sahabat, karena ada perbedaan dasar pengetahuan. Nabi pernah
mengatakan bahwa ummat sesudahnya akan lebih mudah memahami isi al-Qur'an.

Ilmu pengetahuan mulai dipelajari, dibahas, diperdebatkan sejak tahun
1525-an, sejak jaman Gallileo, Copernicus yang membahas tentang susunan tata
surya. Pengetahuan tentang biologi baru dimulai tahun 1590 sejak ditemukan
mikroskop. Sedangkan pengetahuan tentang bakteri baru dimulai sejak tahun
1800 an. Mari kita lihat beberapa ayat al-Qur'an berikut ini:

QS Al Hijr 15:22,
"Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh2-an) dan Kami
turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan
sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya".

Pada tahun 630-an, bagaimana mungkin ummat bisa memahami tentang perkawinan
pada tumbuhan?. Perkawinan pada tumbuhan terjadi jika ada benang-sari, yang
jika bertemu dengan putik, akan mengasilkan tumbuhan baru? Benang-sari bisa
dibawa oleh angin, jatuh ke bunga betina (berupa putik), putik sedang
terbuka, benang-sari masuk, putik menutup kembali. Selanjutnya terjadilah
proses pembentukan buah dan bisa menjadi tanaman baru.
Pengetahuan tentang tumbuhan, baru ada pada tahun 1600-an. Artinya ada
rentang waktu hampir 1000 tahun untuk bisa memahami kandungan isi ayat
al-Qur'an ini.

QS An'Aam 6:95,
" Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh2-an dan biji buah2-an. Dia
mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang
hidup. (Yang memiliki sifat2) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih
berpaling?".

Biji jagung, kedele, kacang kering yang nampaknya sudah mati, ternyata bisa
hidup jika ditanam dan disiram. Di dalam biji kering tersebut, ada suatu sel
yang akan bisa tumbuh jika kondisi lingkungannya mendukung. Dalam ilmu
pengetahuan modern tentang kloning, sel yang nampak sudah mati dari suatu
fossil, dari kuku atau rambut, bisa dibuat hidup kembali.
Biji2an yang nampak mati diperoleh dari tumbuhan yang masih hidup. Allah
mengeluarkan yang mati dari yang hidup.

QS An Nahl 16:79.
" Tidakkah mereka memperhatikan burung2 yang dimudahkan terbang di angkasa
bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada
yang demikian itu benar2 terdapat tanda2 (kebesaran Tuhan) bagi orang2 yang
beriman".

Kita diminta untuk memperhatikan bagaimana burung bisa terbang. Burung yang
nampak mudah terbang melayang dan tambah tinggi adalah burung elang yang
hanya dengan cara berputar. Bentuk sayap pesawat, bentuk sayap gantole
dibuat mirip dengan sayap burung dengan bentuk melengkung ke atas, sehingga
secara aerodinamis aliran udara di bagian atas lebih cepat daripada yang
bagian bawah. Hukum Bernouli mengatakan pada aliran yang lebih cepat, maka
tekanannya turun. Artinya tekanan di atas sayap lebih kecil daripada tekanan
di bagian bawahnya, sehingga sayap bisa terangkat. Disamping itu, udara yang
hangat akan ikut mendorong burung, gantole, pesawat terbang layang naik ke
atas. Inilah yang dinamakan sunnatullah, hukum Allah yang mesti berlaku.

QS An Naml 27:88,
"Dan kamu lihat gunung2 itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia
berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat
dengan kokoh tiap2 sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu
kerjakan".
Menurut pengetahuan modern, daratan Asia, Eropa, dan Afrika dulu menyatu.
Indonesia juga merupakan daratan benua Asia. Akibat adanya pergerakan tanah,
maka benua Afrika terpisah, Indonesia juga terpisah dari benua Asia. Di
Indonesia banyak terdapat gunung di Sumatra, Jawa. Kalau daratannya
bergerak, artinya gunungnya juga ikut bergerak. Menurut ahli geologi, Prof.
Dr. Katili dari Bandung, gunung2 ternyata bergerak sekitar 2 - 5 cm per
tahun, saling menjauhi atau saling mendekati.

QS Yaasin 36:65,
" Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkata kepada Kami tangan
mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka
usahakan".

QS Fushshilat 41:20,
" Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan
kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang mereka kerjakan"
.

QS Fushshilat 41:21,
" Dan mereka berkata kepada kulit mereka: " Mengapa kamu menjadi saksi
terhadap kami?". Kulit menjawab: " Allah yang menjadikan segala sesuatu
pandai berkata, telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia lah
yang menciptakan kamu pada kali yang pertama dan hanya kepada Nya lah kamu
dikembalikan".

QS Fushshilat 41:22,
" Kamu se-kali2 tidak dapat bersembunyi dari persaksian pendengaran,
penglihatan dan kulitmu terhadapmu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak
mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan".

Bagaimana cara memahami bahwa tangan, kaki, panca indera bisa menjadi saksi
atas segala perbuatan kita? Mari kita tinjau dari segi iptek yang ada
sekarang.

Rekaman gambar dulu dilakukan dengan menggunakan selulosa (film) dengan
menggunakan kamera, sementara rekaman suara menggunakan mikrofon dan
disimpan dalam bentuk piringan hitam, benda keras (ebonit) yang dibuat
bergelombang (tepatnya bergerigi halus) pada jalurnya. Kemudian ada
teknologi baru cara merekam gambar dengan kamera digital, dan direkam dalam
bentuk magnetik digital pada pita magnetik. Demikian juga rekaman suara
diambil lewat mike dan disimpan dalam pita magnetik, kaset. Sekarang dengan
menggunakan kamera digital dan wireless mike, gambar kejadian dan suara bisa
direkam dalam bentuk CD, keping plastik keras dengan lapisan cermin. Segala
perbuatan kita, bisa direkam dalam bentuk CD. CD adalah saksi nyata yang
tidak bisa dibantah atas perbuatan kita. CD hanyalah kepingan plastik keras
dengan lapisan cermin.
Apakah masih ingat kasus CD mahasiswa Bandung? Bagaimana caranya Nabi
menjelaskan kepada sahabat2 beliau bahwa sekeping plastik yang ditemukan di
belantara Jakarta ini adalah "saksi" atas perbuatan yang dilakukan di Bali
oleh 2 orang mahasiswa Bandung ?.

Kalau manusia bisa membuat "saksi" dari kepingan plastik, apalah susahnya
bagi Allah menjadikan saksi berupa tangan dan kaki ?

Coba bayangkan mesin perekam Allah yang hebat ini:
Mata adalah kamera, telinga adalah mikrofon, otak dan tubuh kita adalah
mixer yang memproses signal digital,  kulit dan kuku yang tumbuh di tangan
dan kaki adalah media perekam.
Sepanjang hidup kita, segala perbuatan kita direkam di dalam kuku, kulit,
tulang telinga. Bagaimana kita bisa mengingkari, kalau video perbuatan kita
diputar dihadapan kita? Subhanallah.

Dulu, hanya dengan iman yang sangat kuat, para sahabat mempercayai kebenaran
ayat al-Qur'an ini. Beruntunglah kita yang kebetulan sudah ada di jaman
modern, yang lebih mudah memahami ayat-ayat ini. Alhamdulillah.

Walaupun demikian, masih banyak ayat2 Qur'an yang masih menjadi misteri,
belum bisa dipahami dengan jelas. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk
menggali iptek dari al-Qur'an, yang sudah pasti kebenarannya. Insya Allah.

MahaBenar Allah dengan firmanNya.
Kalo ada salah, itu salah saya.