8<--
Temu akbar HANATA 2004, 3-4 Januari 2004 di Ciater
Pendaftaran di Milis Anggota, atau SMS ke 0815-9500-697
-->8

     WCDS,
  kalau menurut saya, Korupsi itu tidak bisa diberantas hanya dari pimpinan,
tapi juga dari bawah, jadi kesimpulannya, pemberantasan korupsi harus
serentak, secara tegas diberlakukan dari atas sampai ke bawah.

  Kadang kita menyalahkan para pemimpin di negeri ini, sedangkan kalau saya
lihat, kita pribadi sendiri masih banyak yang perlu diperbaiki, Seperti kata
pepatah :
  Gadis di seberang lautan tampak, istri di pelupuk mata tidak tampak.
hehehe

  Contoh kasus yang simpel, misalnya :
  1. Berapa orang di milist ini yang bikin SIM dengan cara nembak ? itukan
memupuk para sersan-sersan polisi untuk korupsi, sehingga dia nanti kalau
jadi pimpinan, kebiasaan itu akan terbawa terus.
  2. Berapa orang yang menyogok polisi kalau kena tilang?
  3. Beberapa hari yang lalu di milist kuadran-empat, ada yang bertanya,
bagaimana cara kita menghindari pungli/pungutan tidak resmi kalau kita
membuka badan usaha.
  Yang terlintas di pikiran saya, apakah kita dengan menghindari pungutan
liar, secara otomatis dia akan menaati pungutan yang resmi?

  Jadi, saya rasa, korupsi (seperti kata Bang Napi di SCTV) terjadi karena
ada kesempatan :D, pelakunya memang para pimpinan diatas, tapi kesempatannya
datang dari kalangan kita-kita sendiri.

  Salam,

  Andoko
  9677.08.32536