NIce:
Hidayatullah memang bacaan orang "sakit". Dan orang2 yg merayakan
kemenangan terhadap pembantai manusia memang juga orang2 sakit.

Mamat:
Tugas kitas semualah yang sudah sembuh dari "sakit" kena sihir orang Arab,
untuk menyembuhkan temen-temen kita yang lain.
--

there is no such a free lunch!
Tidak ada masalah dengan Hidayatullah.

Tidak semua orang beruntung di lahirkan di komunitas bukan MUSLIM, atau
Tidak semua orang beruntung dapat melihat yang tersirat dan tersurat di AQ dan
lolos darinya

Dulu orang tidak mempunyai kesempatan mempelajari dan hanya di cekoki..
Sekarang orang bisa mempelajarinya dan sekaligus cuci mata di super market
doktrin agama dan mengetahui bahwa ia memang tidak sempurna

Tapi mengapa sebagaian besar muslim tidak membuangnnya, setelah mengetahuinya
(contohnya Mamat)?
Ada banyak faktor yang terlibat

1. Melangkah butuh keberanian dan takut adalah faktor utamanya
2. adakah keuntungan yang didapatkan dengan melepaskan diri dari komunitas besar
3. Hukuman formal dan informal dari masyarakat
4. Tidak yakin dengan hasil cucimata di belantara doktrin
5. anda bisa tambahkan sendiri daftarnya...

Sehingga mereka memutuskan untuk mengambil saja yang lembut2 dan
menafikan segala kekerasan yang tersurat dengan sejuta dalih pembenaran
kemudian mencoba mengajarkan hasil modifikasi ini pada generasi2 kedepan..

jadi ini adalah sebuah metamorfosis! solusi yang win-win..tanpa mengalami
guncangan besar...

namun tetap saja mereka lupa..bahwa ratusan tahun sudah berlalu dan selalu ada
kekerasan yang mengatasnamakan agama dan Tuhan..walaupun telah ada upaya untuk
mengecilkan kekerasan yang tersurat...mereka lupa karena bagian produknya bisa
saja di nafikan namun tetap saja ADA!

but eniweiii..ini adalah masalah choise dan keberanian..

Lebih jelasnya adalah hak untuk TETAP menjadi sakit