Jaga omongan! Ketimbang anda memberikan soja tapi sengaja melontarkan ucapan
macam begitu, jauh lebih baik kalau dipikirkan dulu apa yang mau anda katakan!!!

Apa hubungannya Yahudi dengan masalah ini? Tahukah anda bahwa dulu orang-orang
sebangsa anda juga pernah dijuluki Yahudi dari Timur dan menimbulkan
syakwasangka yang mendalam??? Tahukah anda efeknya terhadap upaya melawan
diskriminasi dan menghargai perbedaan-perbedaan antara etnis yang berbeda? Kok
anda ikut-ikutan mengangkat istilah semacam itu setelah gagasan anda ternyata
tidak disetujui oleh banyak miliser di sini? Tingkah semacam itu sama seperti
anak kecil yang merajuk setelah keinginannya tidak dipenuhi, akhirnya balik
mengejek-ejek.

Tahukah anda bahwa tidak semua orang Yahudi meratap di tempat itu? Tahukah anda
bahwa yang meratap pun bukan semuanya orang yang kagak ngapa-ngapain???
Komentar anda yang sembarangan semacam inilah yang menjadi bibit rasisme. Kalau
tidak setuju dengan sikap semacam itu, kan tidak harus membawa-bawa nama Yahudi
atau membanding-bandingkan Tionghoa dengan Yahudi! Besok jangan-jangan akan
dibanding-bandingkan pula antara nabi-nabi Yahudi dengan dewa-dewi Tionghoa.

Saya tidak tahu kepada siapa komentar ini anda lontarkan, kepada yang
mengomentari permintaan anda untuk membantu dana TBT, kepada perorangan
tertentu atau siapa? Saya pribadi juga tidak sependapat dengan TBT tersebut,
sehingga wajar kalau saya berpikir anda pun menujukkan sarkasme anda itu kepada
saya juga. Sayangnya anda sangat keliru, sekaligus juga perlu ditegaskan bahwa
SAYA BUKAN ORANG YANG NATO!!!

Kalau bicara, kenali dulu kepada siapa anda bicara. Saya memang muda, dan saya
bukan orang Jakarta, malah jauh di daerah sana. Kalau soal CN, itulah yang
justru saya selalu tanyakan kepada mereka yang terlibat atau setidaknya tahu,
dan saya tidak NATO. Saya hanya tahu dari surat kabar bahwa SMH sudah dibongkar
tahun 1990-an, dan saya bahkan baru masuk kuliah, ditambah banyak persoalan di
kampung saya yang saya harus turun tangan. Tapi apakah kemudian saya diam?

Pernahkah anda masuk ke sarang Untar dan ngoceh mengenai kesalahan jurusan
arsitek Untar di depan orang-orang yang menjadi panitia pembongkaran??? Orang
mungkin bilang saya gila dan nekad, tapi tentu saja banyak yang juga bilang
saya berani dan punya wawasan. Intinya, saya tidak NATO. Saya sendiri bukan
orang yang kasar, tapi saya keras dalam prinsip dan juga punya pengetahuan yang
cukup. Itulah yang menyebabkan orang Untar tetap respek sama saya karena
kejujuran dan kematangan sikap saya.

Saya pun bicara dengan dinas kebudayaan DKI dan bahkan ke Dirjen Purbakala di
Depbudpar, meski saya memahami bahwa mereka mengalami masalah koordinasi di
lapangan, dan dengan anggaran yang terbatas karena pemerintah pusatnya memang
tidak peduli dengan aset budaya. Tahu kasus Trowulan, Museum Solo, Taman
Borobudur (dan strategi terbarunya yang bias, yaitu kewajiban berbatik), dan
sebagainya? Itu akibat pariwisatanya yang didulukan, sementara budayanya
dijadikan komponen pariwisata sejauh itu menguntungkan pemodal.

Makanya saya bilang bahwa persoalannya memang kadung laten, tidak sesederhana
membalik telapak tangan. Seberapa kuatnya dana para miliser yang peduli budaya
ketimbang para konglomerat yang merasa punya uang dan bisa membeli segalanya
untuk keperluan bisnis yang lebih baik bagi mereka? Kalaupun para konglomerat
tersebut membeli benda budaya, saya sendiri ragu apakah itu untuk keperluan
konservasi ataukah sekedar romantisme dan pamer kekuatan uang?

Kasus rumah Oey Djie San menunjukkan hal tersebut. Mau action soal rumah Oey
Djie San? Sudah dilakukan, bahkan dengan melibatkan sejumlah orang yang
dianggap tokoh. Masalahnya, ketika Pemkot Tangerangnya dableg, merasa bahwa itu
belum jadi cagar budaya (atau mungkin juga masih ada sinophobia di balik alasan
tersebut), atau mengatakan dananya tidak ada, kemudian adakah pengalihan dana
dari para konglomerat kepada rumah ODS tersebut? Kalau pencinta budaya
terus-menerus demo (padahal jumlahnya sedikit), Pemkotnya juga tinggal
mengerahkan Kamtib dengan alasan menduduki lahan orang.

Kalau mau peduli, yang benar adalah mengalihkan dana TBT ke pembelian rumah
ODS, dan membentuk perkumpulan pengurusan (fungsionalisasi bangunan sehingga
bisa berswadaya) seperti yang sudah saya usulkan, bahkan saya lontarkan ke
hadapan orang yang menjadi penghubung dengan si pemiliknya!!! Memang tidak
ditanggapi, tapi NATO????

Bahwa desakan saya itu gagal, saya mau nyalahin siapa? Lewat milis saja tidak
banyak yang peduli koq (salah satu alasannya adalah "itu kan rumah pribadi"),
padahal cukup dengan kehadiran saja di lapangan sudah cukup untuk memberikan
dukungan moral. Tapi saya juga tidak bisa sepenuhnya menyalahkan mereka, karena
bisa saja ada kesibukan akibat pekerjaan (lha, kalau dipecat, saya bisa kasih
kompensasi apa?), atau tidak sreg dengan orang-orang yang hadir di sana (saya
sendiri juga merasakan hal itu ketika tahu adanya anasir politik pribadi).
Makanya saya sih memahami saja, karena tahu persoalan ini memang laten dan
memerlukan sosialisasi yang lebih lama dan mendalam, ditambah dengan perlunya
desakan yang semakin kuat untuk mendapatkan komitmen negara.

Kalau mau gede jasa seperti dibilang orang Benteng, saya berani bilang bahwa
saya sudah terjun ke banyak tempat untuk menyelamatkan artefak-artefak
Tionghoa, sampai-sampai dapat ancaman dari sejumlah pihak dan bahkan kesatuan.
Saat saya membela pemakaman tua di Tangerang yang mau disikat oleh Walikota
saat itu yang korup, tempat saya didatangi oleh segerombolan berseragam yang
melontarkan komentar rasis dan berperilaku preman. Saat saya di Cirebon membela
sebuah kelenteng tua agar bisa difungsikan kembali bagi warga, sekawanan
Tionghoa yang kemaruk membuat ribut. Dan saya tetap tidak mundur hingga
sekarang, bahkan ketika mendengar ada ancaman serbuan preman di Tanjung Kait
kalau tetap memaksa pengembalian fungsi kelenteng di sana. Yaa, pada akhirnya
saya minggir karena sebal melihat perilaku orang baru yang justru
petantang-petenteng mendirikan yayasan yang saya tentang habis-habisan karena
tidak sesuai dengan misi saya untuk memulihkan kedaulatan warga penghayat
Kongco Couw Su Kong di sana. Mau bukti yang lain? Nanti anda bosan mendengarnya.

Saya sendiri memang kesal dengan banyaknya kalangan Tionghoa yang menyia-siakan
warisan budaya dari nenek moyangnya. Bagaimana saya tidak kesal ketika dalam
pembelaan kuburan tua Kutiong dan Sentiong di Cirebon, intervensi dari seorang
Tionghoa yang menjadi salah satu pengurus partai dan sekaligus perkumpulan di
sana justru menyebabkan kegagalan dalam perjuangan mempertahankan kuburan tua
tersebut. Kenapa? Karena yang membeli lahan itu Tionghoa juga, akhirnya
kongkalikong juga. Tapi kekesalan saya yang paling puncak dalam momen itu
adalah ketidakpedulian dari keturunan orang Tionghoa yang dikubur di sana yang
juga sudah tidak peduli lagi dengan makam tua dari moyang-moyang pertamanya.
Bagaimana dengan mudahnya di atas kuburan, berdiri rumah-rumah dengan cara yang
sangat sederhana, robohkan bongpainya, jadikan ladam makam sebagai fondasi,
dirikan rumah di atasnya. So simple like that! Nah, ketika anda menyalahkan
miliser yang menyesalkan penghancuran CN, saya berani bilang bahwa sebagian
besar dari mereka bukan tipe peratap, malah lebih baik daripada diam.

Saya sebenarnya bisa sebut nama mereka satu demi satu, baik peranannya kecil
(karena ada watak penakutnya) tapi masih bersedia datang ke lokasi, maupun juga
yang besar (yang rela menyisihkan uangnya untuk menyewa mobil dan berhujan
panas ikut aksi), baik yang karena cinta buta (meski tidak ngerti keistimewaan
rumah ODS itu seperti apa), sampai kepada kalangan non-Tionghoa yang budayawan.
Namun saya pikir, biarlah mereka yang bercerita sendiri bahwa mereka bukanlah
peratap seperti apa yang anda tuduhkan. Banyak segmen telah berjuang tanpa
sekedar meratap, meskipun pada akhirnya, sebagaimana diketahui, uang masih
berkuasa saat ini.

Sayangnya, saya belum punya posisi tawar yang bagus. Kalau tidak, sayap kiri
kelenteng Talang yang dibangun rumah duka (Tionghoa juga) akan saya kembalikan
ke fungsinya. Gedung di atas CN akan saya minta dibongkar karena melanggar
situs cagar budaya, ditambah dengan perintah kepada Untar untuk mengembalikan
barang-barang yang diambil dari situs dan mendesak pemerintah mendanai
pemugarannya secara penuh (memang sudah tanggung jawabnya), dst. Apa harus
semua gedung? Ya, tentu tidak. Hanya yang memenuhi kriteria wakil sejarah yang
akan dipertahankan sebagai petunjuk mengenai perkembangan historis sebuah
daerah. Masalahnya, situasi saat ini memang belum memungkinkan kebanyakan orang
selain "meratap" seperti yang anda sindirkan. Meratap saja sudah upaya koq.

Pada sisi lain, jaminan dari pemerintahlah yang harus selalu didesak. Kalau
tidak, maka Maco Thian Siang Seng Bo akan tetap berada dalam kerangkengnya di
Bandengan. Kan lucu, dewi pelindung koq rumahnya berada dalam terali besi
karena tidak terjaganya keamanan. Tapi, begitulah kondisi yang ada.

Apakah situasi tadi tidak bisa diubah? Bisa! Tapi biarkan yang memimpin adalah
mereka yang paham budaya, politik dan sejarah. Kalau yang mimpin konglomerat
sekedar karena kekayaannya (seperti terjadi dalam banyak perkumpulan Tionghoa),
atau politisi sekedar karena popularitasnya (seperti jargon kosong dalam
pemilu), jangan harap pembenahan itu akan lancar. Saya sendiri juga bukan orang
yang NATO dalam masalah ini. Memangnya relatif bebasnya anda berpendapat pada
masa sekarang ini karena apa? Saya boleh mengklaim bahwa saya ikut menjadi
motor dan pimpinan gerakan reformasi tersebut. Bahwa hasilnya masih jauh dari
harapan, saya sendiri juga tahu, tapi setidaknya saya berusaha dan tidak NATO.

Sekali lagi saya tegaskan: TBT tidak mampu mewakili namanya (Taman "untuk"
Budaya Tionghoa, apapun alasannya, apakah plan bab 2, bab 3 atau bab penutup)
dengan sejumlah alasan:
1. TBT tidak mencerminkan kekhasan budaya Tionghoa, dalam hal ini Tionghoa di
Indonesia (lihat ciri bangunannya; merujuk ke mana??? Kalau mau, pilih atau
setidaknya padukan model rumah Majoor di Batavia, Semarang atau Surabaya, atau
bahkan model Indies dari Tjong A Fie di Medan. Kalau dirasakan mewah, kan ada
tipe rumah "penduduk Tionghoa pada umumnya" di Lasem, Rembang, Jamblang,
Makassar, dsb yang tidak kalah mengesankannya dalam kesederhaan yang
ditampilkan. Jadi jangan mengambil model yang ciri jejaknya di nusantara justru
berbeda jauh).
2. TBT kehilangan roh yang disebut community center, yaitu kelenteng. Sejarah
Tionghoa Indonesia adalah sejarah kelenteng dan pasar. Masalahnya memang akibat
konversi besar-besaran ke agama "resmi" negara yang memupus jejak-jejak itu.
Tapi, kalau mau disebut TBT, ciri kelenteng ini harus ada. Tinggal cari yang
memiliki nuansa netral semisal Maco (bahkan Zheng He [misspell: Cheng Ho] saja
memberikan penghormatan khusus kepadanya), Hok tek Cheng Sin (netral bagi tiga
aliran), atau Kuan Kong (netral bagi tiga aliran), kan tidak sulit. Bisa juga
dengan konsep tuan rumah utama dan para pendamping. Altar utamanya tidak harus
besar, yang penting aulanya besar untuk orang berkumpul, kongkow dan berunding.
3. TBT kalau mau disandingkan dengan anjungan lain TMII (sebagai bagian tidak
terpisahkan dari TMII) yang berkonsep kekhasan wilayah, harusnya juga berkonsep
menyatu dalam perbedaan, tidak harus besar sendiri (konsep memandang). Justru
kesan egonya menjadi sangat menonjol dan menimbulkan pertanyaan baru, apa
fungsinya bagi Tionghoa Indonesia; pemberi kesan wah atau simbol keangkuhan?
4. dll, termasuk soal "deal" apa dengan Soeharto, kenapa yang diminta cuma duit
tapi sumbang saran selama ini tidak didengar, kenapa yang dibikin pagoda dan
danau, kesinambungan data, dsb.

Saya sendiri tidak bercita-cita memindahkan CN ke TMII! CN hanya menjadi CN
ketika dia berada di lokasinya. CN hanya akan menjadi CN ketika anggota tubuh
yang telah diamputasi, dikembalikan kepadanya dan disambungkan kembali. Gedung
Arsip yang eks Belanda saja bisa menempuh pemudaan, kenapa CN mengalami nasib
yang berbeda?
Makanya, kalau cuma bersih-bersih gedung CN yang ketinggalan di kolong
apartemen itu, maaf saja. Saya tidak ikutan.

Saya lebih prioritas untuk mengusut pelanggaran hukum cagar budayanya. Koq
bisa-bisanya gedung yang sudah berstatus cagar budaya dijual-belikan untuk
pendirian apartemen-mall atau entah apa itu. Koq bisa-bisanya Pemerintah tidak
berdaya (atau ada deal, atau tekanan?) sehingga tidak menghalangi
pembongkarannya. Pemerintah itu bukan untuk berwacana seperti yang terjadi pada
masa-masa pembongkaran itu, tapi untuk menegakkan aturan yang dibuatnya
sendiri. Hal sekecil itu saja tidak bisa dijalankan dengan baik. Apa jejak
sejarah Tionghoa akan hapus selain dari sisa-sisa makam SBK atau
kelenteng-kelenteng yang dimodernisasi dengan model baru? Apa kata dunia?

Seorang yang hendak menggemilangkan kebajikan besar pada umat manusia di dunia,
ia lebih dahulu berusaha mengatur negerinya; untuk mengatur negerinya, ia lebih
dahulu membereskan rumah tangganya; untuk membereskan rumah tangganya, ia lebih
dahulu membina dirinya; untuk membina dirinya, ia lebih dahulu mneluruskan
hatinya; untuk meluruskan hatinya, ia lebih dahulu meneguhkan tekadnya; untuk
meneguhkan tekadnya ia lebih dahulu mencukupkan pengetahuannya, dan untuk untuk
mencukupkan pengetahuannya, ia meneliti hakekat setiap perkara.

Suma Mihardja

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Tjandra Ghozalli <ghozalli2...@...>
wrote:

> Dear member,
> Susah jadinya kalau para sianseng berpikiran kayak Yahudi. Tiap hari meratap
> di bangunan ambruk (kuil Salomon) pingin kuil tsb jadi berdiri megah lagi
> tapi kagak ngapa2in selain meratap!? Apa kita mesti rame rame meratap di CN,
> supaya bangunan tsb muncul lagi? Atau mesti panggil David Copperfield? Udah
> jangan balikin ke TMII lagi kan sdh ada plan Bab 2. Nah, jawaban yg masuk
> akal jangan cuma NATO tapi SEATO alias Selekasnya ambil aksi not talk only -
> tentu aja mesti survei dulu - kalo langsung kerja nanti dikira maling
> [...]

Kirim email ke