Redhat adalah "The World's Open Source Leader" karena kontribusi dan
komitmentnya di dunia opensource yang cukup tinggi, banyak engginer
Redhat yang di assisgn di Upstream Kernel Developer (kernel.org)..
untuk desktop redhat full-support di Fedora Project.. Redhat juga
menyertakan engginernya untuk ikut mengembangkan GNU Library C dan
masih banyak lagi kontribusi Redhat untuk kemajuan opensource

Redhat adalah perusaan yang memang berorientasi di profit, tapi
menurut saya pribadi itu sebanding dengan benefit yang kita dapat jika
kita bekerjasama dengan redhat, semisal Subcription dan Training

untuk subcription (is not license) disana mereka mensupport
infrastructure kita dalam hal update, bugs fixed serta security patch
serta kendala2 yang kita hadapi pada saat menggunakan Redhat

untuk training mereka punya curiculum yang materinya cukup general
tidak terpaku ke product2nya redhat saja.. beberapa unit yang
mempelajari product dari redhat seperti (selinux, RHN Registration,
YUM, RPM) itu komposisinya cukup kecil dibanding dengan Linux
Generalnya

klo mau bandingin canonical dengan redhat kurang tepat, lebih tepatnya
adalah antara Oracle linux dengan Ubuntu (IMHO)

klo ada yang punya pendapat beda dipersilahkan :)

Yusuf Hadiwinata, RHCE, RHCVA, RHCI
PT INDOLINUX NUSANTARA
Training & Certification | Subscription | Service Provider | Enterprise
Linux
6221 45852933 ext. 104
6221 95994706 mobile
http://yusufhadiwinata.com