--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, Poltak Hotradero <hotrad...@...>
wrote:

> Saya mengatakan logika anda terbalik atas hal berikut:
>
> Dalam suatu keadaan genting - maka yang harus dilakukan oleh seorang
> pengambil keputusan adalah:
> - mengidentifikasi dan mengisolasi masalah
> - memfokuskan diri pada potensi masalah yang lebih besar (sesuatu
> berskala Milyar Dollar misalnya)
> - mengisolasi potensi masalah baru dari sesuatu yang berpotensi
> menjadi masalah.
>
> Itu semua adalah langkah dalam MENGURANGI resiko yang ada - menjadi
> lebih sedikit dan lebih mudah diselesaikan.
>
> Dalam keadaan dimana lebih dari USD 5 MILYAR cadangan devisa
> [...]

Menurut saya ini adalah logika yang dipaksakan dan mengada ada. Jika memang
sudah ada US 5 milyar cadangan devisa yang tersedot yang berarti 50 trilyunan
plus faktor faktor di atas  jelas terlalu jauh peranan  bail out yang 6
trilyunan. Kalau orang Jawa bilang tindakan bail out  dengan tujuan agar
mengurangi potensi masalah  ini adalah "nguyahi segara" alias menggaramkan
lautan yang sudah asin.

Dibawah ini saya kutipkan artikel di Kompasiana (Bank Century, Seberapa
Sistematis, Bocah Ndeso)

Alasan utama pemerintah meminta LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) untuk
menyelamatkan Bank Century adalah bank tersebut memiliki risiko sistemis.

Artinya, kalau saja tidak diselamatkan, justru akan memicu kegagalan di
bank-bank lainnya secara serial.

Yang hendak dikatakan oleh pemerintah adalah bahwa penyuntikan dana senilai Rp
6,7 triliun ke Century, tidak melulu ditujukan untuk menyehatkan kembali bank
tersebut, tetapi juga terutama untuk menghindari bencana finansial yang lebih
besar. Benarkah?

Menteri Keuangan dalam beberapa kesempatan mengungkapkan bahwa bahaya risiko
sistemis timbul karena bank tersebut memiliki jumlah nasabah yang lumayan
banyak, yakni sekitar 65 ribu orang. Selain itu, ada sekitar 23 bank yang
berpotensi terseret krisis kalau Bank Century dilikuidasi. Sistem pembayaran
juga bisa terancam macet.

Supaya bisa objektif dalam menilai apakah alasan Menteri Keuangan tersebut
secara logika dapat diterima, mari kita lihat data dan fakta sebenarnya.

Sebelum ditalangi oleh LPS, data keuangan yang tersedia adalah laporan keuangan
bulan Oktober 2008. Pastinya, laporan ini yang menjadi dasar pengambilan
keputusan dalam rapat KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan).

Pada waktu itu, total aset bank tersebut adalah sekitar Rp. 15 triliun, tak
lebih dari 0,75 persen dari total aset perbankan. Jumlah nasabah yang 65 ribu
orang itu hanya sekitar 0,1 persen dari total nasabah perbankan. Begitupun
total dana pihak ketiga yang terkumpul sekitar Rp. 10 triliun atau tak sampai
satu persen dari total simpanan masyarakat yang tertampung di semua bank.

Dari data di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Bank Century merupakan bank
yang relatif kecil. Dan, kalangan akademisi di negara mana pun tak akan menilai
bahwa bank tersebut dapat menimbulkan risiko sistemis.  Biasanya, hanya
bank-bank yang masuk kategori 10 besar yang dianggap too big to fail.

Lagi pula, penjaminan simpanan telah mencakup nilai maksimum sebesar Rp. 2
miliar sehingga praktis mayoritas nasabah sebenarnya sudah terlindungi oleh LPS.

Memang Bank Century memiliki kerentanan terhadap paniknya nasabah besar yang
tidak dijamin oleh LPS.

Bahkan, ada satu nasabah yang simpanannya berada di atas Rp. 2 triliun. Bila
nasabah seperti ini panik, bank langsung mengalami kesulitan likuiditas.
Pemerintah pada saat itu sangat mengkhawatirkan kesulitan yang sama akan
merembet ke bank-bank, yang satu kelas dengan Bank Century dan jumlahnya ada
sekitar 18 bank.

Kekhawatiran seperti itu bisa jadi benar, tapi juga bisa salah.

Persoalannya adalah pemerintah mengasumsikan bahwa karakteristik nasabah
Century dengan bank lainnya adalah sama.

Nasabah kakap yang terjerat di Century pada umumnya memiliki hubungan personal
dengan manajemen dan pemilik tersebut. Di bank lain, belum tentu seperti itu.

Lagipula, masalah yang menyebabkan Century dinyatakan sebagai bank gagal adalah
murni tindak kriminal penipuan perbankan. Kalau karakteristik masalah yang
dihadapi Century dengan bank lainnya berbeda, gagalnya Century tidak
serta-merta menimbulkan kepanikan bank lainnya.

Bank Century juga pada saat itu tidak menimbulkan risiko kebangkrutan serial
karena kewajiban antar banknya hanya sekitar Rp. 750 miliar. Artinya, bank ini
tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kolapsnya sistem pembayaran.

Lagipula, bank ini memiliki jumlah cabang yang relatif tidak masif, seperti
bank-bank besar sekelas Mandiri atau BRI. Efeknya terhadap kelancaran transaksi
masyarakat relatif minimum.

Dari indikator-indikator teknis di atas, hampir tak ada alasan untuk
memperlakukan Bank Century sebagai bank yang memiliki risiko sistemis sehingga
perlu diselamatkan.

Kirim email ke