dng segala hormat sy tdk meneruskan postingan
krn tdk kontruktif. mohon maaf ;-]

  ----- Original Message -----
  From: Poltak Hotradero
  To: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, November 12, 2009 4:09 PM
  Subject: Re: [Keuangan] Kasus Bank Century: Istilah "Sistemik" yang bersayap
- KKG

  At 03:45 PM 11/12/2009, you wrote:

  >ga ada istilah logika terbalik.
  >logika adalah ilmu utk berpikir lurus.

  Saya mengatakan logika anda terbalik atas hal berikut:

  Dalam suatu keadaan genting - maka yang harus dilakukan oleh seorang
  pengambil keputusan adalah:

  - mengidentifikasi dan mengisolasi masalah
  - memfokuskan diri pada potensi masalah yang lebih besar (sesuatu
  berskala Milyar Dollar misalnya)
  - mengisolasi potensi masalah baru dari sesuatu yang berpotensi
  menjadi masalah.

  Itu semua adalah langkah dalam MENGURANGI resiko yang ada - menjadi
  lebih sedikit dan lebih mudah diselesaikan.

  Dalam keadaan dimana lebih dari USD 5 MILYAR cadangan devisa
  Indonesia tersedot keluar DITAMBAH
  harga SUN yang jeblok 32% DITAMBAH spread SUN yang melebar hingga 651
  poin dibanding dengan T-Bill dengan tenor sama DITAMBAH dengan CDS
  Indonesia yang naik hingga 10 KALI LIPAT dari sebelum krisis (yaitu
  pada posisi 1243 point!) DITAMBAH dengan ekspor yang turun sangat
  tajam (karena harga nikel turun (dari $30 ribu per ton menjadi $12
  ribu per ton, CPO turun dari $1200 per ton menjadi $400 per ton, dan
  batu bara yang jeblok dari $170 per ton menjadi di $80 per ton),
  DITAMBAH dengan ricuh di pasar modal (akibat kasus repo Bumi
  Resources) DITAMBAH dengan nilai tukar rupiah yang melemah hampir 30%

  maka menjadi sangat jelas bahwa membailout Bank Century adalah
  MENGURANGI potensi masalah (atau setidaknya MENCEGAH munculnya
  masalah baru terkait sekian banyak bank yang berpotensi dirush).

  Logika yang sahih akan merujuk pada langkah-langkah untuk MENGURANGI
  potensi masalah, dan bukannya menambah masalah baru. Itu baru
  namanya langkah serius.

  Di luar itu -- maka namanya main-main.

  Pada saat itu - yang menjadi masalah paling utama adalah urusan
  kelangsungan ekonomi Indonesia yang besarnya 4800 TRILYUN...! Untuk
  ukuran Indonesia - apa ada sesuatu yang lebih besar lagi dari angka itu????

  NB: Bahkan KALAUPUN bank yang harus diselamatkan itu adalah bank
  bernama Bank Artha Graha (yang - menurut saya juga sama nggak
  pentingnya seperti Bank Century ) -- maka pendapat saya di atas akan
  tetap sama. Tidak berubah.

  Padahal anda tahu sendiri bahwa Bank Artha Graha termasuk dalam bank
  yang mengalami penarikan dana oleh masyarakat pada akhir tahun
  2008. Bila Bank Century kolaps dan dibiarkan kolaps -- saya tidak
  akan heran kalau anda pun harus mengais-ngais rejeki di tempat lain -
  semata-mata karena bank tempat anda bekerja pun ikut kolaps...

  Simpel sekali.

  >utk itulah dikenal sillogisme, suatu penyimpulan/keputusan berdasar premis2.
  >alinea pertama anda adalah penyimpulan, tanpa ada premis.
  >seharusnya;
  >premis 1 ; century adalah bank tdk sehat.
  >premis 2 ; bank tdk sehat hrs ditutup.
  >konklusi ; century hrs ditutup.
  >logika simpel sekali.

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

This email and any files transmitted with it are confidential and
intended solely for the use of the individual or entity to whom they
are addressed. If you have received this email in error please notify
the system manager. This message contains confidential information
and is intended only for the individual named. If you are not the
named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
system. If you are not the intended recipient you are notified that
disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
the contents of this information is strictly prohibited.