On 4/5/06, aba gaga <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Soal pengharaman emas ini khan dasarnya hadist, dan
> hadist dijelaskan menerangkan alquran... jadi
> disurah/ayat manakah di alquran yang setelah
> dijelaskan hadist.. emas itu haram...

Terkait masalah kedudukan hadits sebagai penjelasan al-Qur'an, Bapak
dapat temukan bahwa bangkai diharamkan secara mutlak. Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa Sallam menjelaskan bahwa ada dua jenis bangkai
yang dihalalkan yakni belalang dan ikan. Bukanlah berarti beliau
menghalalkan yang diharamkan namun ini adalah tugas beliau untuk
memberikan penerangan tentang makna yang dikehendaki Allah Ta'ala.

Allah Tabaraka wa Ta'ala juga berfirman (yang artinya):

"keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan
kepadamu Al Qur'an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang
telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan," (QS.
an-Nahl 16:44)

Ada begitu banyak ayat-ayat yang memerintahkan untuk taat kepada
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, di antaranya:

"Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku,
niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang. Katakanlah: "Taatilah Allah dan
Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai
orang-orang kafir"." (QS. Aali Imraan 3:31-32)

"Dan taatilah Allah dan Rasul, supaya kamu diberi rahmat." (QS. Aali
Imraan 3:132)

Semoga dapat bermanfaat. Allahu Ta'ala a'lam.

Wassalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
--
Ahmad Ridha ibn Zainal Arifin ibn Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM