Assalamualaikum Warohmatullohi wa Barokatuh

Apa itu Homeschooling?
"Homeschooling merupakan suatu upaya untuk memaksimalkan kemampuan anak. Saya
mengambil istilah ini karena menurut saya pembelajaran selalu dimulai dalam
lingkup keluarga atau rumah. waktu anak-anak lahir dan berkembang serta belajar
merupakan tanggung jawab orangtua sebagai pendidik dan menjadi teladan bagi
anak" (Diambil dari  www.homeschooling.cipta-teknologi.info situs yang membahas
Homeschooling di Indonesia). Adapun saya (Abu Maryam) mendefinisikan:
"Pendidikan untuk anak usia sekolah yang dilaksanakan di rumah bukan di sekolah
dengan orangtua sebagai penanggung jawabnya." saya pakai istilah ini untuk
menghindari kesalahpahaman sebagian orang dan juga untuk anak kita sendiri
tentang ide tidak menyekolahkan anak. wallohu a'lam

Hal-hal yang melatarbelakangi Homeschooling (HS)
Sebelum saya mendapatkan penjelasan melalui milis ini dari Al Akh Abu Samhan,
saya mencari info tentang keberadaan HS melalui internet. Dengan search engine
saya mulai mencari tahu tentang HS. Saya kutipkan beberapa hal yang saya
dapatkan dari website yang saya kunjungi tentang HS di Amrik. hal-hal yang
melatarbelakangi HS menurut isabel Lyman, orangtua yang menyelenggarakan HS:
Ada 4 Alasan penting mengapa orangtua menyelenggarakan HS di Amerika:
1. Tidak puas (dissatisfaction) dengan sekolah-sekolah yang ada (terutama
milik pemerintah. bagaimana dengan di Indonesia? -abu maryam)
2. keinginan untuk menanamkan nilai-nilai agama secara bebas (ingat dia orang
kafir dan bukan salafy! namun khawatir terhadap pemahaman agama anaknya!!!)
3. akademis yang bagus (academic excellence)
4. Upaya membangun keakraban keluarga yang lebih kuat lagi (Ummu Maryam
bercerita kepada saya bahwa ada orangtua yang menangis ketika temannya
mengatakan anaknya yang laki-laki 10 tahun kadang-kadang masih minta dipeluk
oleh ibunya. Ibu yang menangis tadi teringat akan 2 anaknya yang dua-duanya
dipondokkan sejak usia 7 tahun. Kejadian ini terjadi ketika saya memaparkan
tentang wacana Homeschooling di Cilegon Banten. Namun sekali lagi saya tidak
ingin mengguggat keberadaan pondok pesantren untuk anak-anak yang dikelola oleh
yayasan bermanhaj salafy. Memondokkan anak adalah alternatif jika orangtua
merasa tidak sanggup mendidik anaknya. Hal ini jauh lebih baik ketimbang
menyekolahkan anak di sekolah yang menerapkan kurikulum yang tidak Islami.
Wallohu a'lam.)
Isabel mengambil data ini dari sebuah analisa terhadap 300 majalah dan surat
kabar yang memuat artikel tentang HS di Amrik. Adapun dari beberapa website
yang saya kunjungi ada beberapa aspek lain yang melatarbelakangi HS misalnya:
keselamatan anak (ortu tidak perlu khawatir dengan keselamatan anaknya dari
ancaman teman teman sekolahnya yang bullying (kekerasan), kecil kemungkinan
mencoba-coba alkohol dan narkoba, terjaga dari sex bebas, lebih siap menghadapi
dunia nyata, dan memberikan lingkungan yang baik bagi pelatihan spiritual.
Sulaiman, seorang ayah di Amerika yang juga memberikan HS untuk anaknya
mengatakan: "Alasan pertama dan utama untuk mendidik anak kita di rumah adalah
untuk meyakinkan bahwa anak kita mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan Al
Qur-an dan As Sunnah." (sangat setuju sekali pak Sulaiman!!!! -abu maryam.)
Mary Pride  berkata: Beberapa tahun yang lalu, waktu saya mengungkapkan ide
untuk memberikan HS untuk anak saya, orang akan bertanya "bagaimana dengan
Sosialisasi (bergaul) anak?" Namun sekarang ketika saya mengungkapkan ide HS
maka orang berkata "Saya tidak menyalahkanmu! Sekolah-sekolah telah menjadi
sesuatu yang berbahaya bagi anak-anak!." Percakapan ini terjadi di Amrik yang
menjunjung tinggi agama demokrasi, sehingga penganut agama ini bebas melakukan
apa saja sekehendak mereka. Namun dengan kebebasan ini beberapa elemen
masyarakat merasa khawatir dan merasakan adanya suatu bahaya, terutama bagi
pendidikan anak. Di tengah-tengah masyarakat serba bebas itulah Mary Pride,
seorang ibu, khawatir dan memutuskan untuk memberikan HS bagi anaknya. Abu
Maryam berkata: Itulah nurani seorang ibu. Tak ada seorang ibu pun yang mau
anaknya rusak. Bagaimana dengan engkau wahai para salafiyyat! Tentu engkau
lebih merasa jauh lebih waspada terhadap pendidikan anak kalian!! Semoga Alloh
memberikan lindunganNya untuk para Ummahat. Amin. Amin Amin. Tak cukup hanya
satu Amin. bahkan saya menambahkan sampai seribu Amin!

Jika ada perkembangan lain tentang HS Insya Alloh saya paparkan di milis yang
bermanfaat bagi ummat ini. Wal afwu minkum.

Groups are talking. We´re listening. Check out the handy changes to
Yahoo! Groups.