Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh,

Saya pernah membaca di harian Republika tentang pertanyaan semacam ini yang
diajukan ke Perguruan Tinggi YARSI/ Jakarta.
Dijawab oleh salah satu dokter islamnya, bahwa memang ada satu vaksin (maaf
lupa namanya, tetapi hampir selalu digunakan untuk balita) yang dalam proses
pembuatannya menggunakan enzim babi sebagai salah satu media pertumbuhannya.
Karena hanya sebagai media pertumbuhan, enzim babi ini tidak akan terikut dalam
vaksin tersebut. (Hampir sama seperti kasus ajinomoto). Karena belum ada vaksin
lain yang menggunakan media enzim selain babi, maka keadaan ini dinilai sebagai
keadan darurot. Beliau mengharapkan kedepannya ada ilmuwan muslim yang bisa
mengembangkan cara pembuatan vaksin ini.
Untuk lebih jelasnya bisa menanyakan ke YARSI tentang masalah ini, insya-Allah
mereka akan selalu bersandarkan pada Al Qur'an dan As Sunah.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh,
aswata.

--- In assunnah@yahoogroups.com, "widiy" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Intinya menurut saya adalah dasar dari setiap obat adalah tidak
berbahaya, tidak diharamkan,

> Kaum muslimin semua sepakat bahwa babi adalah haram bagai sebagai
makanan dan obat, sedangkan memanfaatkan juga termasuk dalam hukum
dasarnya,

Behalf