coba merefer ke arsip assunnah berikut:

http://www.mail-archive.com/assunnah@yahoogroups.com/msg17900.html

Adhitya Ramadian

________________________________
From: abuyazid <[EMAIL PROTECTED]>
To: assunnah@yahoogroups.com
Sent: Saturday, October 11, 2008 6:51:35 AM
Subject: Re: [assunnah] Tanya ruqsah ibu menyusui

Untuk wanita hamil dan wanita menyusui dapat membayar fidyah saja.
hal ini pernah saya tanyakan langsung kepada Ust abdul hakim pada kajian di
krukut sabtu pagi. Pendapat ini adalah yang dipilih oleh Syaikh Albani
-rahimahullah- (lihat Al-Irwa' penjelasannya)

mengenai QS Al-Baqarah:185, ketentuan tsabit (tetap) berlaku bagi orang lanjut
usia, pikun dan wanita hamil serta menyusui jika keduanya khawatir akan janin
dan bayinya, namun keduanya wajib membayar fidyah. Semua syariat ini dan
keabsahannya diketahui oleh ibnu Abbas melalui sunnah. (Al Albani
menjelaskannya didalam kitab Al-irwa' 4/24)

Karena itu Ibnu Abbas menyuruh anak perempuannya yang sedang hamil untuk
berbuka dan berkata, "Kondisimu sama seperti orang tua renta, karena itu
berbukalah dan berilah makan kepada satu orang miskin setiap harinya". (HR
Abdur Razak dan Ad-Daruquthni

Dari riwayat Nafi', ia berkata "Anak perempuan ibnu Umar bersuamikan seorang
lelaki dari suku Quraisy, dia dalam keadaan hamil, kemudian dia merasa kehausan
di bulan Ramadhan. Maka ibnu Umar menyuruhnya untuk berbuka dan memberi makan
kepada satu orang miskin setiap harinya." (HR Ad-Daruquthni dan Al-Irwa')

Bagaimana Ibnu Abbas dan Ibnu Umar menetapkan hukum seperti ini, tentu hal ini
berasal dari Sunnah, tanpa diragukan lagi. Serta tidak seorang shabat pun yang
menyangkalnya.

wallahu 'alam
abu yazid

http://mail.yahoo.com